Jakarta (ANTARA) - Toyota All New Yaris Cross yang memiliki varian hybrid telah melakoni debut global di Indonesia pada pertengahan Mei 2023 lalu, kendaraan itu menawarkan berbagai keunggulan mulai dari desain, fitur, teknologi dan juga kenyamanan.

Setelah sukses pada jajaran Kijang Innova Zenix Hybrid besutan anak bangsa, Toyota rasanya ingin terus melanjutkan kisah suksesnya melalui emblem Hybrid pada deretan kendaraannya seperti yang tertuang pada All New Yaris Cross.

All New Yaris Cross Hybrid tidak hanya sebagai kendaraan yang ramah lingkungan, mobil itu juga nyaman dikendarai karena insinyur dari Toyota sangat memperhatikan posisi mengemudi dengan mengusung desain dashboard yang sudah berorientasi untuk pengemudi.

Pengendara akan menjadi lebih fokus saat mereka berada di belakang setir kemudi All New Yaris Cross Hybrid yang dibalut dengan kursi bernuansa semi bucket. Dengan begitu, pengendara akan merasa lebih nyaman meski dalam keadaan kondisi lalu lintas ramai sekalipun.
 
All New Yaris Cross Hybrid. (ANTARA/Chairul Rohman)


Pada sisi pengemudi, mobil yang dibuat di Karawang, Jawa Barat, sudah diasupi dengan pengaturan jok elektrik yang membuat penggunanya tidak perlu repot harus memompa untuk menyesuaikan posisi duduk.

Untuk menemani selama berkendara, mobil All New Yaris Cross Hybrid sudah memiliki head unit HUD Display 10.1 inci dengan Wireless Smartphone Connectivity yang menjadikannya terbesar di kelasnya.

Pesaing dari Hyundai Creta dan juga Honda HR-V itu sudah menyulam berbagai ornamen GR yang akan semakin menambah kesan sporty dan juga elegan pada varian GR Parts serta sudah memiliki panoramic roof untuk semakin menambah kesan elegan itu.

Akselerasi
All New Yaris Cross Hybrid yang menggunakan mesin bertipe 2NR (2NR-VEX) itu memang sudah akrab dengan konsumen Indonesia dan mesin bensin 1.500 cc 4 silinder dengan torsi 67 kW dan 121 Nm serta torsi 59 kW dan 141 Nm dari motor listrik.

Pada pengujian kali ini, ANTARA menggunakan alat ukur kecepatan untuk dapat mengetahui catatan waktu yang diperoleh oleh kendaraan ini dari 0 sampai dengan 100 kilometer per jam.

Mobil itu memiliki catatan waktu yang terbilang cukup mengejutkan, catatan waktu 0 sampai dengan 100 kilometer per jam dapat dicapai hanya dengan 11,79 detik. Tentu akan bisa berubah ketika diisi hanya pengemudi.

Dalam pengujian ini, kendaraan diisi oleh dua orang penumpang dan juga satu pengemudi dengan berat badan yang masing-masing orang cukup berbeda.

Alat ukuran tersebut juga mencatat mulai dari 0 sampai dengan 60 kilometer per jam, All New Yaris Cross Hybrid membutuhkan waktu setidaknya 4,93 detik. Sementara untuk mencapai 201 meter, All New Yaris Cross hanya membutuhkan waktu 11,63 detik.
 
All New Yaris Cross Hybrid. (ANTARA/Chairul Rohman)


Meski begitu, catatan waktu yang didapat All Yaris Cross Hybrid cukup bisa diapresiasi. Pada saat pengujian, deru mesin memang masih terdengar hingga ke bagian kabin karena mesin juga bekerja sebagai generator untuk menyuplai daya ke baterai.

Kinerja dari mesin terbilang cukup halus dan tidak memberikan efek kejut ketika pengemudi menginjak pedal gas secara brutal.

Kinerja hybrid yang kami rasakan juga sangat halus. Untuk dapat mempekerjakan sistem tersebut, pengemudi bisa menahan kecepatan tidak lebih dari 60 kilometer per jam.

Sebagai catatan, pengemudi diharuskan menginjak pedal gas secara perlahan dan tidak langsung menginjak secara dalam. Dengan pengujian yang singkat, kami belum bisa membuktikan seberapa efisiensi kendaraan tersebut jika dijalankan dalam jarak yang cukup jauh.

Baca juga: Toyota akan ekspor 22 ribu unit All New Yaris Cross di tahun ini

Baca juga: Menjajal All-new Yaris Cross, medium SUV berbanderol hingga Rp449 juta

Baca juga: Alasan Suzuki belum sisipkan New XL7 Zeta dengan teknologi hybrid

Baca juga: Honda segera rilis CR-V e:HEV hybrid di Thailand
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023