Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil asal Republik Ceko, Skoda Auto, memperkenalkan generasi baru dari model flagship-nya yakni Superb (versi hatchback dan combi estate) serta SUV Kodiaq.

Kedua kendaraan ini akan menawarkan mesin bensin dan diesel modern dan efisien, serta opsi hybrid plug-in dan mild. Debut dunia akan dilakukan secara terpisah pada musim gugur tahun ini.

Baca juga: Skoda masih enggan bawa elektrifikasi ke Fabia 2022

Skoda telah mempublikasikan gambar siluet resmi sebagai bagian dari acara "Let's Explore" untuk memberikan pandangan pertama pada kendaraan baru tersebut

Selain desain eksterior yang baru, Superb dan Kodiaq juga dilengkapi dengan fitur baru, teknologi yang lebih baik, dan interior yang sepenuhnya dirancang ulang.

Superb generasi keempat akan kembali tersedia baik sebagai hatchback maupun Combi estate yang sangat luas.

Superb dan Kodiaq adalah model hatchback/Combi estate dan SUV yang sukses. Nama 'Superb' sebelumnya digunakan pada mobil mewah bertenaga Skoda pada tahun 1930-an.

Superb generasi pertama yang modern terjual hampir 137.000 unit antara 2001 dan 2008. Superb generasi kedua, diperkenalkan pada tahun 2008 dan adalah yang pertama untuk menawarkan pelanggan pilihan penggerak empat roda, dan versi estate Combi Superb, diperkenalkan pada tahun 2009, memicu permintaan yang lebih besar.

Sedangkan Superb generasi ketiga, diperkenalkan pada Februari 2015, menawarkan ruang yang lebih besar untuk penumpang dan bagasi pada kedua gaya bodi.

Sementara Kodiaq, diluncurkan pada tahun 2016, telah terjual lebih dari 740.000 unit, dengan opsi tujuh kursi dan bahasa desain kristal Skoda yang menarik.

CEO Skoda Auto, Klaus Zellmer, mengatakan bahwa Superb dan Kodiaq adalah dua penjuru penting dari jajaran model Skoda, dan generasi baru dari kedua seri model ini akan memperkenalkan keamanan, teknologi, dan fleksibilitas ke level yang lebih tinggi.

Produksi Superb generasi keempat akan dilakukan di pabrik Volkswagen Group di Bratislava, Slovakia, sedangkan produksi Kodiaq generasi kedua akan dilakukan di pabrik Skoda di Kvasiny, Republik Ceko. Demikian disiarkan laman Skoda, Rabu (26/4).


Baca juga: Mobil bekas dominasi penjualan kendaraan di Rusia

Baca juga: Skoda Octavia versi listrik dilaporkan hadir setelah 2025

Baca juga: Pabrik VW di Rusia akan dibeli Asia Auto dari Kazakhtan
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023