Bali (ANTARA) - All New Agya GR Sport yang menggunakan platform baru dan mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i terbukti membawa perubahan signifikan dari sisi performa.

Hal ini dibuktikan ketika Antara menjajal kendaraan bertenaga 88 PS dan torsi 113 Nm ini di jalan perkotaan di Pulau Bali, pada Senin (4/4).

Akselerasi yang cukup responsif berkat penggunaan transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear.

Baca juga: Berkat Agya GR Sport, TGRI sapu gelar juara nasional MLDSPOT Autokhana

Selain itu, transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control untuk menghasilkan keseimbangan antara akselerasi dan menjaga efisiensi bahan bakar.
 
Toyota All New Agya GR Sport melakukan test drive di Bali, Selasa (4/4/2023). (ANTARA/Adimas Raditya)


Berkendara pun menjadi semakin menyenangkan dengan menggunakan fitur paddle shift.

Rute perjalanan kombinasi dari perkotaan yang dimulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Museum Puri Lukisan di kawasan Ubud dengan karakter jalan yang menanjak dapat ditempuh dengan mudah.

Padahal mobil ini diisi empat penumpang dewasa dan mengoperasikan AC pada mode maksimal.

Perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 37,7 kilometer itu menunjukkan rata-rata konsumsi bahan bakar tercatat kurang lebih sekitar 12km/liter layar informasi display.

Peningkatan performa di putaran mesin rendah memberikan power agility yang lebih baik, sekaligus tetap irit dengan konsumsi bensin rata-ratanya lebih dari 21 km/liter.

Selama perjalanan, para jurnalis juga merasakan langsung bagaimana kenyamanan dari All New Agya GR Sport generasi kedua, saat duduk di jok pengemudi dan penumpang bagian depan dan belakang.

All New Agya GR Sport new platform yang membuat dimensinya mengalami perubahan dibanding generasi sebelumnya.

Kini All New Agya GR Sport memiliki panjang 3.760 mm (+100 mm), lebar 1.665 mm (+65 mm), dan tinggi 1.505 mm (+15 mm).

Sementara untuk wheelbase juga meningkat 70 mm menjadi 2.525 mm. Penambahan dimensi ini membuat ruang bagasi bertambah menjadi 610 mm untuk menyediakan ruang penyimpanan yang lebih lapang ketika membawa barang bawaan.

Di samping dimensi, Toyota menyatakan juga berfokus untuk meningkatkan kestabilan dan kenyamanan berkendara.

Posisi duduk pengemudi dirancang berdasarkan human-centered design, yang berfokus pada kenyamanan berkendara dan mendukung pengalaman fun to drive.

Para jurnalis juga bisa mengeksplor fitur lain yang disematkan pada All New Agya GR Sport, termasuk adanya Audio dengan Head Unit 7-inch lengkap dengan fitur mirroring dan dukungan koneksi Bluetooth, AUX-IN, dan USB.

Kemudian untuk meningkatkan kenyamanan, sistem pengaturan AC juga sudah menggunakan tipe digital dan terdapat pula steering switch control untuk memudahkan pengoperasian akses hiburan.

Baca juga: Toyota All New Agya dan GR Sport resmi dijual mulai Rp167 juta

Baca juga: Toyota kenalkan All New Agya dan Agya GR Sport di Indonesia

Baca juga: Alasan Toyota tidak langsung jual All New Agya dan Agya GR Sport
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023