Jakarta (ANTARA) - PT Astra Auto Digital (SEVA) menghadirkan layanan pembelian kendaraan secara kredit serta membantu konsumen menghindari penunggakan alias non performance loan (NPL) lewat SEVA 2.0,

"Pembelian kendaraan yang sesuai dengan kemampuan si konsumen itu sangat penting. Karena, kalau tidak di atur dengan sesuai kemampuan akan sangat merugikan si konsumen itu ke depannya, dengan adanya penunggakan kredit hingga berakibat penarikan kendaraan yang sudah mereka bayar perbulannya (jika kredit)," kata Head of Marketing SEVA, Amar Ibrahim saat berbincang santai dengan media di Menara Astra, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kenaikan pemesanan kendaraan sokong sektor pembiayaan yang belum pulih

Kehadiran SEVA 2.0, bisa sekaligus menjadi fasilitas penting bagi konsumen yang masih membutuhkan bimbingan untuk mendapatkan kendaraan yang ideal sesuai dengan biaya yang mereka miliki saat ini.

Hal itu semakin dimudahkan dengan adanya fitur loan calculator dari SEVA 2.0 yang sudah langsung tersedia di webiste mereka. Fitur ini akan memfilter berbagai kendaraan yang cocok untuk kondisi ekonomi calon konsumen.

"Loan calculator ini juga bisa menjadi ilustrasi konsumen nantinya, dan akan langsung disesuaikan mobil apa yang cocok untuk keadaan si konsumen saat itu," ucap dia.

SEVA 2.0 akan memberikan pengalaman pembelian mobil baru yang mudah, aman, dan nyaman melalui situs dan aplikasi yang dimilikinya. Saat ini, SEVA 2.0 sendiri juga sudah terintegrasi dengan ekosistem Astra, dengan menghadirkan ragam pilihan mobil brand Astra yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot.

Selain itu, SEVA 2.0 juga terhubung langsung dengan berbagai jaringan diler mobil Astra yang sudah tersebar luas seluruh Indonesia dan perusahaan pembiayaan serta asuransi yang dimiliki oleh Astra yang sudah sangat terpercaya seperti Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF) dan Asuransi Astra.

Tidak hanya memberikan beragam kemudahan dalam memiliki kendaraan baru, SEVA juga memiliki berbagai program yang bisa langsung dimanfaatkan oleh calon konsumennya.

"Jadi kalau bertransaksi di SEVA itu, tidak hanya dapat program dari diler, dari SEVA juga kita selalu siapkan. Jadi dapat double promonya," jelas Head of Business Development SEVA, Selly Meilania dalam lokasi yang sama.

SEVA terlebih dahulu hadir dalam bentuk paket komplit. Sejak awal berdiri pada tahun 2021, SEVA memiliki kanal untuk pembelian kendaraan bekas, spare part, dan juga kendaraan baru.

Migrasi ke SEVA 2.0, perusahaan milik Astra ini fokus hanya menjual kendaraan baru dengan melayani konsumen dengan pembelian secara kredit dan juga tunai. Meski begitu, pihkanya akan terus menjalin kolaborasi dengan berbagai ekosistem yang sudah dimiliki Astra.

"Meski tidak lagi menghadirkan kanal kendaraan bekas, ke depannya kita akan menjalin kolaborasi dengan perusahaan Astra yang juga fokus dengan kendaraan bekas yang ada saat ini," tutur dia.

Baca juga: Gelar Expoversary, BCA beri promo KPR hingga kredit kendaraan

Target 2023
SEVA yang berada di bawah payung besar Astra Group, memiliki respon yang cukup positif sejak pertama kali hadir di ekosistem otomotif tanah air. Sejak 2021 hingga akhir 2022, pihaknya mengaku sudah mengantongi Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 15.000.

"SPK sudah 15 ribu sejak awal SEVA 1.0, hingga di awal 2023 lalu ya. 53 persen itu dari Toyota dan sisanya dari berbagai kendaraan milik Astra Group," kata Selly Meilania.

Pencapaian yang positif juga terjadi sepanjang tahun 2022, Selly Meilania mencatat setidaknya terdapat nilai Gross Transaction Value (GTV) mencapai Rp7,7 triliun.

Di tahun ini, SEVA 2.0 yang baru dirilis kembali pada Maret 2021, memiliki target setidaknya tidak jauh berbeda dengan yang dihasilkan dengan pencapaian pada sebelumnya, yakni Rp6,3 triliun.

Untuk meneruskan berbagai langkah kongkret yang terjadi di 2022, SEVA akan terus mengakomodir keinginan konsumen dalam pembelian kendaraan baru melalui SEVA, melalui berbagai kolaborasi dengan ekosistem Astra Group.

"Secara bertahap ketika kita kuat dalam pondasi di mobil baru, kita juga akan berkembang ke ranah mobil bekas yang akan berkolaborasi dengan mobbi yang juga dimiliki oleh Astra," ucap dia.

Porgram menarik juga dihadirkan oleh SEVA melalui jaringan-jaringan financial milik Astra, yang mengusung tagline "Cuma di SEVA" seperti penawaran asuransi comprehensive mobil sampai Rp10 juta dan cashback angsuran pertama hingga Rp4 Juta.


Baca juga: Transaksi Adira meningkat 282 persen pada April 2021

Baca juga: BI longgarkan uang muka kredit kendaraan hingga nol persen

Baca juga: Suzuki Finance luncurkan aplikasi transaksi kredit kendaraan
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023