Jakarta (ANTARA) - Honda WR-V berhasil meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi dalam New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP) dengan raihan skor 77.07 dari 100 (94.93/120 untuk total skor).

Mobil tersebut berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping serta pengujian fitur-fitur keselamatannya.

"Pencapaian yang diraih Honda WR-V menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya," ujar Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam rilis pers di Jakarta, Jumat.

Honda WR-V berhasil meraih skor 27.41/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), kemudian 42.79/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 16.37/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs), dan 8.36/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

Baca juga: Jelajah Bali naik Honda WR-V

Honda WR-V diluncurkan perdana secara global di Indonesia pada awal November 2022.

Untuk melindungi pengemudi dan seluruh penumpang saat terjadi tabrakan, Honda WR-V menggunakan struktur bodi dengan teknologi G-CON + ACETM with Side Impact Beam yang bekerja dengan membantu menyebarkan energi benturan untuk melindungi area kabin mobil jika terjadi tabrakan, termasuk dengan kendaraan dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Selain itu, Honda WR-V juga dilengkapi enam kantong udara yang melindungi pengemudi dan penumpang di bagian depan, samping serta bagian pilar.

Adapun fitur keselamatan untuk anak-anak terdapat ISOFIX & Tether pada kursi baris kedua yang dirancang untuk bisa mengikat kursi khusus anak dengan erat.

Honda WR-V juga dirancang dengan perlindungan pedestrian yang meliputi impact-absorbing wiper pivot, impact-absorbing hood, collapsible hood hinges, leg-impact-absorbing construction, dan impact-absorbing fender. Teknologi ini berfungsi untuk meminimalkan keseriusan cedera pada pejalan kaki jika terjadi kecelakaan.

Sebagai fitur keselamatan aktif untuk mencegah terjadinya tabrakan, Honda WR-V dilengkapi dengan teknologi Honda Sensing untuk memandu sistem berkendara.

Baca juga: HPM mulai produksi masal Honda WR-V di Indonesia

Sistem ini menggunakan front wide view camera yang terletak pada bagian dalam kaca depan mobil untuk memberikan kewaspadaan dalam kondisi berkendara terhadap keadaan di sekitar kendaraan seperti mobil, sepeda motor hingga pejalan kaki.

Teknologi ini juga memberikan peringatan serta mendukung pengemudi dalam menghindari dan mengurangi tingkat resiko kecelakaan. Selain itu, Honda WR-V juga dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan lainnya, seperti Honda LaneWatch dan Multi-Angle Rearview Camera.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak ASEAN NCAP yang telah melakukan pengujian fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat," kata Billy.

Selain, WR-V, terdapat sejumlah model SUV Honda lainnya yang juga telah mendapatkan predikat tingkat keselamatan tertinggi dari ASEAN NCAP yaitu All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V pada September 2022 dan Honda CR-V pada 2017 lalu.

Baca juga: Tiga karakter andalan dari Honda WR-V untuk gaet konsumen muda

Baca juga: Honda WR-V akan mulai diekspor tahun depan

Baca juga: Baru dirilis, Honda WR-V sudah dipesan 2.580 unit


 
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023