Jakarta (ANTARA) - Nissan menghadirkan sedikit perubahan facelift pada Nissan GT-R model terbaru yang ditampilkan di atas panggung Tokyo Motor Show.

Varian ini terlihat sangat mirip dengan model Nissan GT-R seri sebelumnya, kecuali desain gril depan yang tampak baru.

Autodaily pada Senin (16/1) melaporkan bahwa perubahan utama yang ada model terbaru ini adalah pada kap mesin bawah dan adanya penyesuaian pada bagian rem dan transmisi.

Terdapat pula penyesuaian pergerakan yang mengurangi kebisingan dan getaran serta meningkatkan kenyamanan berkendara.

Baca juga: Lebih mewah dan canggih, berikut tampilan Nissan Serena generasi enam

Dua level trim baru, T-Spec dan Nismo, telah ditambahkan ke jajaran spesifikasi GT-R, sehingga total ada delapan spesifikasi yang dimiliki jenama mobil ini. Semua varian didukung oleh mesin V6 3,8 liter twin-turbocharged, dengan output standar 419 kW. Sedangkan Nismo menghasilkan tenaga hingga 441 kW.

Pihak Nissan menyatakan tambahan baru pada T-spec terinspirasi dari "tren dan traksi" dengan cengkeraman lebih baik serta suspensi yang disetel secara khusus dan rem karbon yang membuat dinamika berkendara menjadi lebih baik.
 
Ilustrasi Nissan GT-R (Autodaily.com)


Penambahan pada GT-R Nismo terbaru adalah fitur-fitur teknologi yang diadopsi dari teknologi motor sport dan balap.

Selain itu, aerodinamika seri ini telah ditingkatkan dengan beberapa modifikasi pada bagian depan GT-R dan intake serat karbon, serat karbon bonet, dan lengkungan roda yang lebih ramping.

Penyesuaian juga dilakukan pada downforce belakang dengan sayap belakang yang lebih kuat yang diadopsi dari sayap mobil balap Nissan GT500. Nissan menggunakan serat karbon tambahan pada bagian belakang yang dapat meningkatkan downforce belakang hingga 13 persen.

Semua varian GT-R juga dilengkapi all-wheel drive (penggerak empat/semua roda), transmisi kopling ganda GR6, dan jok sport Recaro yang dirancang khusus. Nissan juga telah memodifikasi knalpot GT-R sesuai dengan aturan standar kebisingan kendaraan.

Selanjutnya, di bawah skin, GT-R Nismo memiliki keunggulan dengan bagian-bagian mesin yang seimbang bobotnya, termasuk poros engkol (crankshaft) yang baru, ring piston, dan batang piston. Sedangkan GT-R terbaru akan mulai dipasarkan di Jepang pada kuartal dua tahun 2023.

Baca juga: Penjualan mobil baru Jepang turun 5,6 persen di tahun 2022

Baca juga: Nissan jual 3,7 juta kendaraan, turun lebih 20 persen

Baca juga: Serena dan Fairlady akan jadi bintang Nissan di Tokyo Auto Salon 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023