Jakarta (ANTARA) - Goodyear akan menarik kembali 173.000 ban G159 yang digunakan pada kendaraan rekreasi karena potensi pemisahan tapak yang sangat besar dan setelah regulator keselamatan mobil Amerika Serikat secara resmi meminta pabrikan untuk menggantinya.

Dikutip Reuters, Rabu, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) membuka penyelidikan awal pada 2017 untuk meninjau tuduhan yang diajukan dalam gugatan bahwa beberapa ban memiliki cacat, menyebabkan tabrakan yang mengakibatkan kematian dan cedera.

NHTSA pada Februari meminta Goodyear untuk menarik kembali ban, namun Goodyear pada Maret sempat menolak permintaan tersebut, kata pabrikan dalam sebuah pengajuan.

Baca juga: Goodyear akuisisi raksasa ban AS Cooper Tire

Namun, Goodyear mengatakan dalam pengajuannya bahwa pihaknya saat ini telah menyetujui penarikan tersebut untuk mengatasi kekhawatiran bahwa beberapa dari ban mungkin masih ada di pasar atau sedang digunakan.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (7/6), Goodyear berargumen tidak ada cacat keselamatan pada ban yang ditarik, dan mengatakan hanya sedikit jika ada yang tersisa di jalan.

Goodyear mengatakan akan menarik kembali ban, yang terakhir diproduksi pada tahun 2003, untuk mengatasi risiko yang muncul saat ban digunakan dalam kondisi kurang angin atau kelebihan beban.

NHTSA mendesak pemilik untuk memastikan ban yang ditarik tidak digunakan. Badan tersebut mengatakan telah menerima 10 keluhan konsumen yang menuduh kegagalan ban Goodyear G159, dengan dua keluhan menuduh tabrakan.

NHTSA mengatakan dalam surat pada Februari yang diunggah Selasa, bahwa dugaan cacat ban G159 menjadi pusat dari 41 tuntutan hukum yang melibatkan 98 kematian dan cedera yang diajukan antara 1999 dan 2016.

Agensi tersebut menambahkan dalam surat permintaan penarikannya "tampaknya Goodyear menyadari adanya cacat keselamatan... pada awal 2002 saat ban dalam produksi tetapi tidak mengajukan penarikan".

NHTSA mengatakan Goodyear secara rutin memperoleh perintah pengadilan yang melarang pelepasan informasi ban yang ditemukan dalam tuntutan hukum.

Dealer Goodyear akan mengganti ban yang dipasang pada kendaraan rekreasi dan memberikan voucher 60 dollar AS. Goodyear akan menawarkan pengembalian dana sebesar 500 dollar AS untuk ban yang tidak dipasang di kendaraan. Penarikan kembali berlaku untuk ban G159 ukuran 275/70R22.5.

Baca juga: Goodyear Ventures perluas investasi mobilitas terkoneksi di Nova Labs

Baca juga: Goodyear rilis ban baru untuk kendaraan truk ringan

Baca juga: Goodyear buat ban dengan 70 persen bahan berkelanjutan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022