Jakarta (ANTARA) - Produsen ban Goodyear mengumumkan bahwa mereka telah membuat jajaran ban baru dengan 70 persen bahan yang berkelanjutan, sebagai langkah signifikan menuju tujuan perusahaan menggunakan 100 persen bahan berkelanjutan untuk produksi ban pada 2030.

Dikutip Hindustan Times, Jumat, ban yang 70 persen menggunakan bahan berkelanjutan itu telah diproduksi sebagai ban demonstrasi. Adapun perusahaan belum mengungkapkan rincian waktu produksinya.

Ban yang terbuat dari 70 persen bahan berkelanjutan itu terdiri dari 13 bahan unggulan di sembilan komponen ban yang berbeda, klaim perusahaan.

Baca juga: Goodyear Ventures perluas investasi di perusahaan truk otonom TuSimple

Bahan-bahan itu antara lain karbon hitam, minyak kedelai, silika dan poliester. Ban yang dibuat dari bahan berkelanjutan ini diklaim memberikan kinerja keseluruhan yang kuat.

Perusahaan mengklaim bahwa karbon hitam disertakan dalam ban untuk penguatan senyawa dan untuk membantu meningkatkan siklus hidup ban dan secara tradisional telah dibuat dengan membakar berbagai jenis produk minyak bumi.

Ban baru Goodyear mendapat tiga karbon hitam berbeda yang dihasilkan dari metana, karbon dioksida, dan minyak nabati.

Ban ini juga diklaim telah menggunakan minyak kedelai untuk menjaga kompon karet tetap lentur dalam perubahan suhu. Minyak kedelai adalah sumber daya berbasis bio yang mengurangi produk berbasis minyak bumi.

Elemen lain yang digunakan pada ban ini adalah silika yang meningkatkan daya cengkeram dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Goodyear mengklaim telah menggunakan silika berkualitas tinggi dari abu sekam padi, produk sampingan dari pengolahan beras yang sering dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Perusahaan juga mengklaim menggunakan poliester pada ban baru yang telah didaur ulang dari botol plastik dan sampah plastik lainnya.

Wakil Presiden Senior, Operasi Global dan Chief Technology Officer Goodyear Chris Helsel mengatakan pabrikan menetapkan tujuan pada 2020 untuk membuat ban yang dibuat 100 persen dari bahan yang berkelanjutan dalam 10 tahun, dan telah membuat kemajuan besar menuju tujuan itu.

“Ini adalah pencapaian menarik yang menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan penggunaan material berkelanjutan pada ban kami,” kata Helsel.

Baca juga: Goodyear hadirkan ban khusus mobil listrik

Baca juga: Goodyear luncurkan Assurance MaxGuard SUV

Baca juga: Goodyear akuisisi raksasa ban AS Cooper Tire
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022