Jakarta (ANTARA) - Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Yogyakarta) menggelar "Ngabuburit Explore Merapi" yang melibatkan tiga biker nasional yakni Akbar Taufan, Wawan Tembong dan Doni Tata untuk mengendarai Yamaha WR 155 R dan YZ Series di jalur Merapi.

Baca juga: Mengulik fungsi Y-Connect pada NMax listrik Yamaha E01

Ngabuburit Explore Merapi itu menempuh jarak sekitar 30 kilometer yang dimulai dari Omah Partoredjan, Turi Sleman, Yogyakarta hingga jalur "trabasan" di Merapi. Jalur itu memiliki tantangan yang beragam, mulai dari medan berbatu, berpasir, sungai, serta tanjakan dan turunan di hutan Taman Nasional Gunung Merapi.

Akbar Taufan dalam siaran pers Yamaha pada Senin (25/4) mengatakan, "Sebagai penggemar trabasan, hobi saya ini semakin terpuaskan dengan menggunakan motor unggulan seperti WR 155 R. Fitur-fitur WR 155 R lebih canggih dibandingkan motor adventure lainnya di kelasnya, sangat mumpuni untuk menggilas jalur-jalur offroad seperti Merapi yang menantang."

Akbar menilai, WR 155 R memiliki suspensi yang cocok di trek offroad dengan rangka yang kuat sehingga mendukung pengendalian yang optimal ketika riding.

Sedangkan Wawan Tembong menekankan performa WR 155 R yang cocok untuk jalur menantang di Merapi. "Kapasitas mesin 155cc dilengkapi VVA (Variable Valve Actuation) membuat performa motor ini optimal sehingga sangat membantu saat terabasan melewati jalur-jalur yang membutuhkan tenaga lebih,” papar Wawan Tembong.

Sedangkan Doni Tata menjelaskan, "Jalur Merapi ini sangat seru, walaupun sempat hujan, tapi saya senang sekali dengan adventure kali ini."

"Menurut saya, motor ini mumpuni untuk adventure, nyaman walaupun dalam kondisi standar,” tutur Doni Tata Pradita.

WR 155 R memakai tipe suspensi telescopic panjang dan berdiameter 41 mm sehingga memiliki daya redam baik. Motor petualang ini memakai desain jok bergaya YZ Series serta menggunakan ban dual purpose yang meningkatkan kemampuan mobilitas di segala kondisi jalan.

Urusan mesin, WR 155 R memakai dapur pacu 155cc, liquid cooled, 4 langkah dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang mampu menghasilkan tenaga 12,3 KW/ 10.000 rpm dan torsi 14,3 Nm/ 6.500 rpm.

Baca juga: Yamaha E01 "Nmax listrik" masuk Indonesia semester dua 2022

Baca juga: Yamaha E01 lebih senyap dan minim getaran? Ini penjelasannya

Baca juga: Yamaha luncurkan MT-15 untuk pasar India
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022