Jakarta (ANTARA) - Pameran otomotif GIIAS The Series tahun ini akan kembali berlangsung di empat kota di Indonesia, setelah di tahun 2021 hanya dapat terselenggara di dua kota yakni Tangerang dan Surabaya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) optimis GIIAS The Series dapat berlangsung secara lengkap di Tangerang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

"Tahun ini GAIKINDO akan kembali membawa efek positif bagi industri otomotif yang berada di empat kota strategis di Indonesia, lewat GIIAS yang berlangsung pada bulan Agustus di BSD City Tangerang, dan kemudian akan disusul dengan penyelenggaraan GIIAS di Surabaya, Medan, dan Makassar," kata Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi, dalam keterangannya, Selasa.

Menurut Nangoi, penyelenggaraan GIIAS 2021 telah berhasil menjadi dorongan positif bagi seluruh lini industri otomotif Indonesia.

"Semua pihak merasa senang dan puas atas penyelenggaraan GIIAS 2021, baik peserta, pengunjung dan bahkan pemerintah yang dapat melihat langsung bangkitnya industri otomotif Indonesia pada perhelatan GIIAS," kata dia.

"Oleh karena itu GIIAS akan kembali menjadi upaya GAIKINDO mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia di tahun ini," ujarnya menambahkan.

Menurutnya, di tahun 2022, kondisi industri otomotif Indonesia mulai bangkit dan kembali tumbuh, sehingga ia meyakini penyelenggaraan GIIAS tahun ini akan menjadi pesan positif yang menyatakan bahwa industri otomotif Indonesia akan terus maju menuju masa depan.

Melihat dari antusiasme para peserta saat peluncuran GIIAS 2022 The Series dilangsungkan, GAIKINDO sangat positif, seluruh area pameran yang tersedia pada tahun 2022 akan sepenuhnya terisi.

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsjah, menyatakan optimistis terhadap pelaksanaan GIIAS 2022.

"Tingkat antusiasme para peserta sangat tinggi dapat dilihat dari persentase lahan yang telah terisi, baik pada GIIAS di Tangerang, Surabaya, Medan, maupun Makassar, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa GIIAS 2022 akan merepresentasikan seluruh lini industri otomotif Indonesia," tuturnya.

Rizwan menambahkan bahwa GIIAS 2022 akan kembali menjadi ajang pilihan para peserta untuk memperkenalkan produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif Indonesia kepada masyarakat.

Sebagai catatan, GIIAS telah mendapatkan dukungan internasional dari organisasi yang menaungi pameran otomotif diseluruh dunia Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA) dan masuk dalam jadwal pameran otomotif dunia.

Ajang ini telah menjadi tuan rumah kegiatan peluncuran untuk lebih dari 160 kendaraan, yang sembilan diantaranya merupakan world premiere.

GIIAS juga telah menghadirkan lebih dari 60 kendaraan konsep sejak kehadirannya pada tahun 2015.

Ada pun GIIAS The Series 2022 akan berlangsung di ICE BSD City Tangerang pada 11-21 Agustus; Grand City Convex Surabaya pada 14-18 September; Santika Premiere Hotel & Convention Medan pada 5-9 Oktober; dan Celebes Convention Center Makassar pada 16-20 November.



Baca juga: AFL raup Rp205 M di GIIAS Surabaya

Baca juga: Pelaku otomotif antusias sambut gelaran IIMS 2022

Baca juga: GIIAS Surabaya jadi momen bangkitnya industri otomotif Jawa TImur
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022