Melbourne (ANTARA News) - Sedan kecil Toyota Vios dan sedan buntung (hatchback), yang selama ini diproduksi di Thailand, akan diproduksi di Indonesia.

"Arahnya ke situ, prinsipal (pemegang merek) sedang melihat Indonesia lagi," kata Direktur Utama PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan di acara New IMV ASEAN Media Trip  di Melbourne, Australia, Sabtu.

Johnny Darmawan mengatakan bencana banjir di Thailand, menyadarkan prinsipal (pemegang merek) bahwa sebaiknya tidak menempatkan produksi suatu kendaraan hanya di negara tertentu..

"Ini hanya soal risk management guna menekan dampak bencana terhadap bisnis yang sedang tumbuh," katanya.

Johnny mengemukakan Toyota Motor Corp (TMC) akan memperluas pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Dirut TMC Akio Toyoda pada kunjungannya ke Indonesia belum lama ini mengungkapkan rencana tambahan investasi Toyota melalui perluasan kapasitas pabrik dari sekitar 100 ribu unit menjadi 300 ribu unit secara bertahap.

Penjualan Vios dan Yaris selama Januari-September masing-masing mencapai 8.733 unit dan 14.356 unit.

"Pada 2012-2015, Toyota akan terus melengkapi jajaran mobil yang dipasarkan di Indonesia. Jadi ke depan akan lebih ramai model Toyota di Indonesia," ujar Johnny.
(R016)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011