Jakarta (ANTARA) - Dalam sebuah acara promosi, GM Energy, anak perusahaan General Motors, memamerkan Chevrolet Silverado EV RST First Edition 2024 bisa digunakan untuk mengaliri listrik sebuah rumah besar, menggantikan jaringan listrik utama.

Car and Driver, Minggu (12/5), melaporkan dalam acara tersebut, GM Energy mematikan listrik sebuah rumah besar di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tidak lama kemudian, lampu kembali menyala setelah dialiri listrik dari mobil Chevrolet Silverado EV RST First Edition 2024.

Chevrolet Silverado EV RST First Edition 2024 adalah salah satu mobil keluaran GM yang memiliki sistem pengisian daya dua arah V2H, vehicle-to-home (dari kendaraan ke rumah). Selain Silverado, mobil listrik yang mendukung V2H antara lain ialah Chevrolet Equinox, Chevrolet Blazer, GMC Sierra EV Denali dan Cadillac Lyric, seluruhnya model 2024.

Baca juga: Berisiko sengatan listrik, kabel pengisian Chevrolet Bolt EUV ditarik

Sistem V2H mengizinkan Chevrolet Silverado EV RST First Edition 2024 bisa diisi daya sekaligus mengisi daya rumah.

Untuk mengaliri listrik dari kendaraan ke rumah, diperlukan sebuah alat bernama GM Energy PowerShift Charger, yang dijual terpisah, untuk pengisian daya normal Level 2 V2H. Diperlukan juga alat V2H Enablement Kit, terdiri atas power inverter atau pembalik daya, home hub (hub rumah) dan baterai dark start.

Dalam keadaan normal, ketika masih menggunakan jaringan listrik utama, baterai dark start diisi daya secara perlahan sampai penuh. Ketika jaringan listrik utama mati, maka baterai dark start berubah memberikan daya voltase rendah kepada sistem.

Baca juga: Tampang Chevrolet Silverado yang jadi mobil patroli polisi AS

Sistem V2H akan memberi sinyal kepada mobil untuk mengaliri listrik ke rumah.

PowerShift Charger bekerja sebaliknya, ia memberikan pasokan daya kepada power inverter yang kemudian mengaliri home hub dengan listrik AC. Home hub kemudian menyalurkan listrik kepada sirkuit listrik rumah.

Dengan alat tersebut, konsumen bisa memilih apakah cadangan listrik digunakan untuk seluruh rumah atau hanya sirkuit tertentu. Kendaraan bisa memasok daya hingga 9,6 kW, yang dinilai cukup untuk keperluan penting.

Baca juga: BMW Vision Neue Klass X bakal dibekali pengisian daya dua arah

Durasi pengaliran listrik akan bergantung pada kapasitas baterai kendaraan. Chevrolet Silverado EV RST First Edition 2024 memiliki kapasitas 20,0 kWh.

Merek-merek mobil keluaran GM mengeluarkan aplikasi ponsel untuk mengawasi pengisian daya, termasuk berapa daya yang tersisa pada mobil listrik sampai berapa besar daya yang digunakan untuk mengaliri rumah.

Jika daya listrik hampir habis, sistem V2H akan memberi sinyal berupa pemadaman berkala dalam interval 10 detik, kemudian menyala lagi.

Baca juga: Chevrolet Silverado edisi khusus California bertenaga hingga 710hp

Baca juga: Chevy Silverado listrik dikenalkan, jangkauan hampir 650 km

 
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024