Jakarta (ANTARA) - Divisi Pertahanan General Motors (GM) telah meluncurkan prototipe kendaraan taktis generasi baru berbasis truk pikap Chevrolet Silverado 2500 ZR2 di Amerika Serikat.

Menurut siaran Drive pada Senin waktu setempat, kendaraan ini punya motor listrik penggerak as roda depan dan belakang yang ditenagai oleh paket baterai 12 modul.

Silverado juga dilengkapi dengan mesin empat silinder turbo-diesel Duramax 2,8 liter milik GM, yang menghasilkan daya 135 kW dan torsi 500 Nm.

Mesin ini pada dasarnya digunakan sebagai generator "pemanjang jangkauan" untuk menghasilkan listrik bagi baterai.

Baca juga: Tampang Chevrolet Silverado yang jadi mobil patroli polisi AS

GM Defense belum mengungkapkan jangkauan prototipe kendaraan listrik taktis barunya.

Namun demikian, motor listrik memungkinkan prajurit berkendara tanpa suara ke dalam dan keluar dari "zona ancaman tinggi", sementara mesin turbo-diesel memungkinkan perjalanan jarak jauh dan pengisian bahan bakar cepat dengan kemampuan mesin berjalan menggunakan bahan bakar jet.

Perusahaan menyatakan bahwa dengan sistem penggerak yang demikian, keperluan perawatan kendaraan jadi lebih rendah dan kebutuhan logistiknya berkurang karena komponen yang bergerak lebih sedikit.

Baca juga: Chevrolet Silverado bisa alirkan listrik untuk satu rumah berkat V2H

Selain dapat bergerak hampir tanpa suara saat dioperasikan dengan mode elektrik, prototipe kendaraan taktis baru GM memiliki tanda panas lebih rendah, sehingga lebih sulit diidentifikasi menggunakan penglihatan termal.

Kendaraan itu tersedia dalam konfigurasi dua, empat, dan enam kursi. Sistem kelistrikannya dapat mendukung semua sensor, penembak, dan perlengkapan prajurit, dan dapat dibangun untuk mendukung tugas-tugas tertentu seperti komando dan kontrol, evakuasi korban, dan penanggulangan sistem udara tak berawak.

Banyak sistem keselamatan asli Silverado yang dipertahankan pada kendaraan taktis tersebut, termasuk ABS, kontrol stabilitas, perlindungan terguling, dan kamera 360 derajat.

Baca juga: Prabowo naik MV3 Garuda buatan Pindad ke Istana

Baca juga: Rupa dan spesifikasi MV3 Garuda Limousine yang digunakan Prabowo

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024