Menanti SUV dan pickup terbaru di Detroit Auto Show 2018

Jumat, 12 Januari 2018 14:34 WIB
Menanti SUV dan pickup terbaru di Detroit Auto Show 2018
Para pekerja Ford Motor merayakan peluncuran truk pickup all-new F-150 di Ford Rouge Center di Dearborn, Michigan. (Reuters)

New York (ANTARA News) - Kendaraan roda empat terbaru dari segmen sport utility vehicle (SUV) dan truk kecil atau pickup akan menjadi pusat perhatian pada pameran Detroit Auto Show 2018, yang mencerminkan konsumen Amerika cenderung menyukai mobil berukuran besar.

Mengacu data penjualan mobil 2017, model berukuran besar memiliki pangsa pasar terbesar di Amerika Serikat (AS) sehingga diprediksi akan menjadi pusat perhatian pada pameran di pusat kota Detroit, 13-28 Januari 2018.

"Mereka benar-benar mengendarai apa yang dijual sekarang," kata Randy Miller, pemimpin otomotif dan transportasi global dari Ernst & Young, kemudian menambahkan bahwa margin keuntungan kendaraan yang lebih besar mengerdilkan kendaraan yang lebih kecil.

Model penyegaran dari Chevrolet Silverado dan Ram 1500 merupakan yang paling ditunggu karena menjadi kendaraan kedua dan ketiga terlaris di AS pada 2017, setelah model Ford F-series.

Pameran di Detroit berlangsung setelah perhelatan Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas yang melibatkan banyak perusahaan otomotif pada tahun ini. Selain memamerkan teknologi komunikasi, CES juga menjadi ajang pabrikan memperkenalkan mobil listrik.

"Banyak produsen telah menyiapkan produk dan teknologi masa depan mereka dan mereka memamerkan barang-barang itu di CES," kata Matt DeLorenzo managing editor Kelley Blue Book. "Minggu depan akan menjadi 'Mari kembali ke bisnis dan menunjukkan apa yang kita jual sekarang'".

(Baca: 15 mobil terbaru 2018 yang akan menyita perhatian)

Tak banyak model

Orang-orang dalam industri otomotif sangat tertarik melihat model Ram 1500 dan Chevrolet Silverado terbaru, kendati Ford F-150 akan akan memuncaki penjualan mobil di AS dengan mengungguli dua model itu, menurut Kelley Blue Book.

"Sepertinya tidak akan banyak perkenalan, tapi yang terlihat sangat signifikan," kata Joe Wiesenfelder, editor eksekutif cars.com.

Kendaraan baru lain yang diperkirakan meluncur di Detroit adalah sejumlah SUV atau "crossover" berukuran besar dari Acura, BMW dan Mercedes. Sedangkan Ford akan menghidupkan kembali pickup menengah Ford Ranger yang pernah mereka tawarkan 2011.

Toyota Avalon, Volkswagen Jetta serta produk dari Kia dan Hyundai akan meramaikan model-model baru di segmen sedan, kendati pasarnya mengalami penurunan hingga 50 persen dibandingkan 2012, dan menjadi pangsa pasar terendah yang pernah ada, menurut Kelley Blue Book.

Analis menilai faktor murahnya harga bahan bakar telah mendorong konsumen membeli kendaraan yang lebih besar.

"Anda merasa seperti lebih mengendalikan situasi, terutama karena ada lebih banyak pickup dan SUV di sekitar Anda," kata DeLorenzo. "Anda ingin menjadi tinggi seperti orang lain, daripada duduk rendah di dalam sedan tradisional."

DeLorenzo mencatat bahwa pameran itu hanya akan memamerkan satu kendaraan listrik atau hibrida terbaru yaitu purwa rupa Honda Insight, demikian AFP.

(Baca: Generasi ketiga Honda Insight akan diungkap awal 2018)

Editor: Monalisa

COPYRIGHT © 2018

Yamaha memperkenalkan purwa rupa motor robot tanpa pengendara bertenaga listrik yang dinamai "Motoroid" yang bisa berinteraksi dengan manusia, pada pameran ...
Sebanyak 1.079.308 unit kendaraan roda empat tercatat telah terjual secara wholesales (pabrik ke dealer) sepanjang tahun 2017, menurut data yang dirilis ...
Pesawat bertenaga listrik pertama Australia telah berhasil menyelesaikan penerbangan perdananya di Perth, setelah lepas landas dari Bandara Jandakot dan ...
Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, memaparkan setidaknya ada dua tantangan utama dalam pengembangan mobil ...
PT YHI Indonesia sebagai distributor ban merek Yokohama di Indonesia menghadirkan varian terbaru, Yokohama BluEarth RV-02, yang dirancang khusus untuk mobil ...