Jakarta (ANTARA) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada Rabu merilis sedan All New Vios generasi keempat yang hadir dengan dimensi baru dan sudah dilengkapi teknologi tinggi Toyota Safety Sense (TSS).

All New Vios dijual dengan harga mulai Rp314,9 juta untuk tipe 1.5 E M/T, 1.5 G CVT Rp355,2 juta dan varian 1.5 G CVT TSS seharga Rp368,4 juta. Sedan yang sudah diperkenalkan sejak 2003 itu sudah bisa dipesan di diler Toyota mulai hari ini.

Baca juga: TMMIN pastikan pasokan Vios aman, tepis rumor setop produksi

"Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru. Kami harap All New Vios dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen sedan dan meneruskan perannya sebagai market leader,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam siaran pers pada Rabu.

Henry Tanoto menambahkan, Vios telah menjadi model penting bagi Toyota karena telah terjual lebih dari 130.000 unit dan menjadi market leader di segmennya.

Baca juga: Toyota Astra perluas program cicilan ringan ke Rush-Vios mulai Oktober

Perubahan All New Vios

Toyota Vios pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2003 untuk menggantikan Toyota Soluna di pasar sedan sub compact atau B-segment Class.

Vios generasi pertama berhasil memenuhi harapan pelanggan sehingga dilanjutkan oleh generasi kedua tahun 2007 dan generasi ketiga tahun 2013. Seluruh generasi sedan Vios berhasil memikat masyarakat menengah perkotaan yang membutuhkan solusi mobilitas yang bergengsi, nyaman, dan fungsional dengan harga kompetitif.

Penggunaan platform baru pada All New Vios ini memberikan kesempatan kepada Toyota untuk meningkatkan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensi Vios generasi ke-4 tersebut. Sekarang, mobil ini memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Dengan dimensi yang lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, serta wheelbase bertambah 70 mm dibanding generasi sebelumnya, All New Vios tetap dapat lincah dalam bermanuver. Bodi All New Vios yang lebih lebar juga menawarkan kenyamanan lebih baik karena kabin menjadi lebih luas.

Visual sebuah sedan modern Toyota bergaya Keen Look yang sporty dan powerfull terlihat nyata pada bagian depan All New Vios. Grille trapezoidal ekstra besar begitu mendominasi wajahnya dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi.

Di atasnya, terdapat grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan. Lekukan kokoh terus berlanjut pada kap mesin dan dipertegas oleh garis bahu samping yang maskulin.

Vios terbaru juga menggunakan "kaki-kaki" lebih besar dengan velg alloy 17 inch bergaya futuristis. Adapun kehadiran jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) untuk menegaskan kabin yang lebih mundur ke belakang dan membuat All New Vios terlihat lebih besar dan elegan.

Selain itu, Fastback Style dengan jendela belakang melandai mendekati ujung bagasi memberikan siluet khas sedan mewah. Nuansa sedan yang berkelas terus berlanjut pada desain buritan yang simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Baca juga: Habiskan stok, Toyota gelontorkan diskon besar untuk empat mobil ini

Interior
Toyota All New Vios generasi empat (ANTARA/HO)


Ruang kabin All New Vios didominasi warna hitam dengan desain dashboard baru yang menggunakan bahan soft touch, selaras dengan desain door trim. Pada Vios grade G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

Baca juga: Produksi sedan, Toyota perlihatkan Indonesia basis bisnis yang penting

Desain kokpit driver-oriented serta posisi duduk pengemudi yang pas menyediakan visibilitas keluar memadai dan menjaga kenyamanan mobilitas harian. Nuansa sedan berkelas juga dinikmati oleh penumpang belakang yang mendapatkan ruang duduk lebih lapang seperti Medium Sedan berkat wheelbase ekstra dan atap Fastback Style.

Selain itu, jarak sumbu roda yang semakin jauh juga memastikan penambahan aspek kenyamanan sekaligus memperkuat handling di jalan. Bodi lebih rendah juga memberikan pusat gravitasi lebih baik untuk meningkatkan kualitas berkendara tanpa mengurangi kenyamanan penumpang karena ruang kepala tetap memadai.

Baca juga: Toyota tidak patok target penjualan selama IIMS 2018

Mesin
Toyota All New Vios generasi empat (ANTARA/HO)


All New Vios mengadopsi engine baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder yang tangguh dan andal. Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efisien membuat mesin kompak ini sanggup melontarkan tenaga dan irit bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara.

Sebagai catatan, dapur pacu All New Vios menyediakan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

“Meskipun All New Vios dilengkapi dengan berbagai teknologi baru dan lebih canggih, All New Vios tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggannya. Kami harap All New Vios dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap mobil sedan yang lega dan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih bagi seluruh penggunanya,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.



Baca juga: Kantung udara cacat, Toyota Vietnam tarik 20.000 Vios dan Yaris

Baca juga: TMMIN targekan nilai ekspor capai 2,5 miliar dolar AS

Baca juga: Kontribusi ekspor CBU Toyota Indonesia naik jadi 85,8 persen
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022