Beijing (ANTARA News) - Nissan dan mitranya dari China Dongfeng Motor Co akan menginvestasikan 50 miliar yuan (8 miliar dolar AS) dan meluncurkan sekitar 30 model di China selama lima tahun ke depan, raksasa otomotif Jepang mengatakan Selasa.

Kedua perusahaan - melalui Dongfeng Motor Co Ltd (DFL) - juga berencana untuk meningkatkan penjualan tahunan hampir dua kali lipat dan meluncurkan mobil listrik nol-emisi, dalam upaya untuk meningkatkan pangsa DFL di pasar otomotif terbesar di dunia.

"Kemitraan yang kuat Nissan dengan Dongfeng Motor Corporation telah menjadi pendorong utama pertumbuhan yang kuat selama delapan tahun terakhir di pasar China," kata Carlos Ghosn, CEO Nissan, dalam sebuah pernyataan.

"Rencana baru, dengan investasi dalam kapasitas, produk dan inovasi, akan memastikan bahwa China terus menjadi pasar global terbesar Nissan."

China, yang mengambilalih Amerika Serikat menjadi pasar mobil utama dunia pada 2009, telah menjadi semakin penting bagi pemain global. Penjualan mobil di China naik lebih dari 32 persen tahun lalu menjadi rekor 18,06 juta unit.

Tapi sektor ini kehilangan kekuatan setelah Beijing menghapus insentif penjualan seperti keringanan pajak untuk kendaraan bermesin kecil, yang pertama kali diperkenalkan untuk menangkal dampak dari krisis keuangan global.

Pemerintah sedang mempertimbangkan insentif baru untuk menghidupkan kembali sektor ini. Tapi sebuah kelompok industri memperkirakan bulan ini bahwa pertumbuhan penjualan mobil cenderung lambat tahun ini, meskipun menunjukkan sedikit rebound pada Juni.

Analis tetap menyambut baik pengumuman tersebut, mengatakan prospek untuk pasar mobil China tetap positif meskipun ada kemunduran baru-baru ini.

"Anda memiliki penetrasi mobil sangat rendah, Anda memiliki konsumen dengan uang tunai pada tingkat sangat tinggi dan kami bahkan tidak memiliki pinjaman untuk mobil yang belum dimulai di China," Scott Laprise, analis otomotif pada perusahaan pialang CLSA yang berbasis di Beijing, mengatakan kepada AFP.

Nissan mengatakan DFL direncanakan untuk mencapai dan mempertahankan pangsa 10 persen dari pasar China selama lima tahun ke depan. Ghosn mengatakan kepada wartawan pada sebuah konferensi pers konferensi, kelompok Jepang saat ini memiliki pangsa 6,2 persen dari sektor ini.

DFL juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari hampir 1,3 juta kendaraan pada 2010 menjadi lebih dari 2,3 juta unit pada akhir 2015, tambahnya.

Penjualan kendaraan sport penumpang pertama Dongfeng Nissan merek Venucia dijadwalkan tahun depan, dan total lima model baru akan diluncurkan di bawah merek itu.

Kedua perusahaan juga akan membangun fasilitas manufaktur baru di bagian timur provinsi Jiangsu, yang akan memperkuat pabrik yang ada di bagian lain dari negara itu untuk mencapai target penjualan 2015, kata Nissan.

Pabrik yang memproduksi kendaraan penumpang lain di selatan provinsi Guangdong juga akan mulai beroperasi pada 2012, dan sebuah pabrik yang terpisah di China tengah akan diresmikan tahun ini.

Klaus Paur, direktur pelaksana China untuk Motoresearch Synovate di Shanghai, mengatakan usaha patungan Dongfeng Nissan memiliki posisi yang baik di pasar China.  (A026/M012/K004)
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011