Jakarta (ANTARA) - Mobil listrik menjadi daya tarik tersendiri pada setiap pameran otomotif, baik karena desainnya yang unik dan futuristik, juga karena teknologinya dinilai baru khususnya untuk konsumen di Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Fuso angkat keunggulan layanan digital pada GIIAS 2021

Pada pameran GIIAS 2021, berbagai jenama otomotif kembali memperkenalkan teknologi elektrifikasinya. Mobil yang mereka hadirkan berasal dari berbagai segmen, mulai sedan, sport, hingga mobil mini.

Mayoritas mobil listrik itu masih berstatus pemanis pameran atau display. Namun demikian, ada juga pabrikan yang sudah menjual mobil listriknya di pasar Indonesia, berikut ulasannya.

Wuling
Wuling GSEV (ANTARA/HO)


Meski baru masuk Indonesia pada 2017, namun Wuling terbilang serius dalam mengembangkan produk otomotifnya di Indonesia. Mulai dari mobil keluarga, niaga, hingga SUV dengan teknologi terkini namun dijual dengan harga terjangkau.

Pada GIIAS 2021, Wuling menunjukkan dua mobil listrik berplatform Small Electric Vehicle (GSEV) yang menjadi mobil terlaris (terjual lebih dari 650.000 unit) di pasar China sebagai market otomotif terbesar di dunia.

Platform EV itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, memiliki ukuran kecil namun lapang, dengan dukungan beragam fitur dan aspek keselamatan, dan juga teknologi modern.

“Pengenalan GSEV oleh Wuling di GIIAS 2021 merupakan langkah nyata komitmen kami untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan," kata Han Dehong, Vice President of Wuling Motors.

Melalui mobil itu, Wuling menunjukkan kesiapannya terhadap ekosistem EV di Indonesia.

"Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan produk generasi berikutnya dengan platform GSEV. Mobil listrik ini tidak hanya akan dijual di Indonesia tetapi juga diproduksi di Tanah Air," kata Han Dehong.

Baca juga: Audi perkenalkan tiga mobil premium di GIIAS 2021, simak harganya

Toyota
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri) dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kanan) bersama President Director PT Toyota -Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (kiri), dan Vice President Director PT Toyota -Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (kanan) mengapit Toyota C+Pod saat meninjau booth Toyota usai pembukaan GIIAS 2021 di ICE BSD City Tangerang, Kamis (11/11). (ANTARA/HO)


Toyota membawa berbagai model kendaraan terelektrifikasi pada GIIAS kali ini, antara lain COMS, C+POD, Prius PHEV, dan New Camry Hybrid Electric Vehicle (HEV) sebagai flagship model dari sedan Toyota yang sudah mengaplikasikan teknologi mesin hybrid generasi ke-4.

Pabrikan berlogo tiga elips itu juga menghadirkan special exhibition e-Palette yang merupakan kendaraan autonomous masa depan yang dapat digerakkan dengan battery electric. Kendaraan berteknologi canggih itu telah dilengkapi teknologi CASE (Connected, Autonomous, Shared, Electric).

“Toyota berkomitmen untuk hadirkan multi-pathway dengan tidak hanya menyediakan complete line up dan services, tapi juga menghadirkan complete technology agar kebutuhan mobilitas masyarakat dapat terpenuhi, dan dapat membantu memberikan nilai tambah bagi masyarakat untuk menunjang kehidupannya sehari-hari,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.


Baca juga: All New Isuzu mu-X 4x4 dan D-Max meluncur di GIIAS 2021

Baca juga: Pelumas Pertamina edisi Mandalika hadir hanya 3 juta kemasan

Baca juga: Kemarin, harga New Xpander di GIIAS hingga CAMILAN cegah pinjol ilegal
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021