Tokyo (ANTARA News) - Honda Motor Co, Senin, mengatakan akan menghentikan sementara semua produksi otomotifnya di Jepang setidaknya sampai tanggal 20 Maret mendatang, menyusul gempa bumi dahsyat yang mengguncang wilayah timur laut negeri itu, demikian Reuters.

Honda akan tetap menutup pabrik-pabriknya, kecuali sebuah pabrik sepeda motor di pulau sebelah selatan Jepang, Kyushu, kendati yang ini pun akan ditutup mulai Selasa esok.

Sementara itu, Honda Motor Co mengatakan dalam satu pernyataan tertulisnya bahwa perusahaan akan sepenuhnya bekerjasama mematuhi pemadaman listrik oleh PLN-nya Jepang, Tokyo Electric Power.

Honda memproduksi 69.170 kendaraan roda empat pada Januari di Jepang, yang adalah 20 persen dari total produksi kendaraannya.

Saham Honda didutup turun 6,5 persen pada 3.095 yen sebelum pengumuman penghentian operasi itu disiarkan, sedangkab indeks acuan Nikke1 225 anjlok 6,2 persen.

Saham-saham perusahaan pembuat dan perakit otomotif Jepang juga didera tekanan jual di tengah upaya perusahaan-perusahaan itu dalam mendapatkan informasi dari wilayah tertimpa bencana, sedangkan investor mengkhawatirkan produksi akan terhenti untuk waktu yang lama. (*)
AR09
Penerjemah: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011