Jakarta (ANTARA) -
Rivian Automotive Inc, yang didukung oleh Amazon.com Inc, menargetkan valuasi lebih dari 53 miliar dollar AS untuk debutnya di pasar saham AS, menjadikan produsen kendaraan listrik itu berpotensi memiliki valuasi yang hampir sama dengan Honda Motor.

Dikutip Reuters, Selasa, perusahaan rintisan ini ingin mengumpulkan hingga 8,4 miliar dollar AS, menjadikannya sebagai penawaran umum perdana (IPO) terbesar ketiga dengan dana yang dikumpulkan dalam dekade terakhir di Amerika Serikat.

Hanya tiga perusahaan lain yang telah mengumpulkan lebih dari 8 miliar dollar AS saat go public sejak 2011, menurut data dari Dealogic.

Baca juga: Truk listrik Volta Zero dari Swedia akan dibuat di Inggris

Baca juga: Rivian rekrut mantan pejabat Tesla sebagai kepala insinyur


Alibaba mengumpulkan rekor 25 miliar dollar AS pada tahun 2014, Meta Platforms Inc mengumpulkan 16 miliar dollar AS pada 2012, dan Uber menghasilkan 8,1 miliar dollar AS pada 2019.
 
Meski Rivian belum menjual van atau truk listriknya dalam jumlah yang signifikan, kemungkinan valuasinya bisa lebih tinggi dari Ferrari, walaupun lebih rendah dari Honda, General Motors atau Ford Motor Co.

Didirikan pada tahun 2009 sebagai Mainstream Motors oleh R. J. Scaringe, perusahaan berubah nama menjadi Rivian pada tahun 2011. Rivian diambil dari sebuah nama yang berasal dari "Sungai India" di Florida, tempat yang sering dikunjungi Scaringe di perahu dayung saat masih muda.

Perusahaan rintisan ini telah banyak berinvestasi untuk meningkatkan produksi, termasuk untuk truk pickup R1T all-electric kelas atas, yang diluncurkan pada bulan September, mengalahkan persaingan dari saingan mapan seperti Tesla, General Motors, dan Ford.

Rivian, yang mengungkapkan kerugian hampir 1 miliar dollar AS pada paruh pertama tahun ini, memiliki sekitar 48.390 pre-order pada September untuk truk pikap serta SUV R1S di Amerika Serikat dan Kanada.

Saat ini mereka sedang mengejar strategi dua jalur, yakni membangun van pengiriman listrik untuk Amazon dan mengembangkan pickup listrik dan merek SUV yang ditujukan untuk individu kaya.

Amazon, yang mengungkapkan 20 persen saham di Rivian pada akhir Oktober, telah memesan 100.000 van pengiriman listrik sebagai bagian dari upaya raksasa e-commerce untuk mengurangi jejak karbon.

Rivian, yang secara rahasia mengajukan dokumen untuk IPO pada bulan Agustus, akan menghadapi persaingan ketat dari produsen mobil baik di pasar konsumen dan van komersial.

Ford pada minggu lalu mengatakan bahwa mereka memiliki lebih dari 160.000 pesanan untuk truk pikap listrik F-150 Lightning. Sementara versi listrik dari van komersial Transit-nya telah terjual habis.
 
General Motors sedang mempersiapkan produksi van pengiriman listrik, SUV, dan truk pikap.
 
Rivian mengatakan akan menjual 135 juta saham dengan kisaran harga antara 57 dollar AS dan 62 dollar AS. Reuters melaporkan pada bulan September bahwa mereka dapat mencari valuasi hampir 80 miliar dollar AS dan mengumpulkan hingga 8 miliar dollar AS dalam daftar AS.

Morgan Stanley, Goldman Sachs dan J.P. Morgan adalah penjamin emisi utama. Rivian akan terdaftar di Nasdaq di bawah simbol “RIVN”.

Baca juga: Rivian berencana bangun pabrik baterai sendiri

Baca juga: Rivian R1T akhirnya masuk dapur produksi

Baca juga: Rivian konfirmasi pembangunan pabrik kedua di AS
 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021