Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif Amerika, Ford sedang gencar melakukan kampanye penarikan kembali (recall) terhadap 38.000 model Ranger Super Cab model 2020 dan 2021 akibat adanya kerusakan pada bangku anak.

Dalam kasus ini, Ford mengatakan bahwa terdapat sandaran kepala dari model Ford Ranger 2020 dan 2021 dapat mengganggu pemasangan kursi anak yang lebih tinggi dan kaku, dan mencegahnya diamankan.

Dikutip dari CarsCoops, Selasa terdapat sebuah tinjauan yang menemukan bahwa kendaraan terkena dampak yang dilengkapi dengan sandaran kepala tetap diproduksi dari 16 Juli 2019, hingga 17 September 2021.

Ford memang memperkenalkan sandaran kepala kursi belakang yang tetap dan tidak dapat dilepas pada awal produksi untuk model tahun 2020, tetapi tidak mensertifikasi ulang kendaraan ini ke hasil sertifikasi FMVSS 225 internal pembuat mobil.

Selain itu, toleransi pemasangan untuk angkur pengaman anak bawah pada bagian belakang tidak dipantau dengan benar yang mengakibatkan angkur mungkin tidak lurus untuk kendaraan model tahun 2021 tertentu.

Penarikan kembali menegaskan bahwa total 37.625 kendaraan Ranger terpengaruh. Ford tidak mengetahui adanya laporan kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah tersebut dan diler akan memeriksa jangkar kait bawah belakang dan menyesuaikannya jika perlu.

Diler juga akan mengganti sandaran kepala yang tidak dapat dilepas dengan yang dapat dilepas. Pabrikan mobil memberi tahu diler tentang penarikan tersebut pada 1 Oktober 2021, dan berencana untuk memberi tahu pemilik pada 15 November 2021.

Baca juga: Ford tangguhkan produksi di pabrik Mexico selama dua hari

Baca juga: Ford F-150 Lightning didominasi oleh pembeli kendaraan baru

Baca juga: Toyota Tundra versi TRD Pro akan berlomba di NASCAR Truck Series

 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021