Valencia (ANTARA News) - Juara Dunia konstruktor Formula Satu, Red Bull, memperkenalkan mobil balap terbaru mereka yang diberi nama RB7, Selasa.

Pembukaan selubung penutup mobil balap, yang pada musim balapan mendatang akan menjadi target untuk dikalahkan oleh semua pesaingnya, dilakukan oleh kedua pembalapnya yang salah satunya merupakan juara dunia termuda sepanjang sejarah F1, Sebastian Vettel (23) dari Jerman, dan Mark Webber dari Australia.

Pada kesempatan itu Vettel menyatakan bahwa Red Bull telah berubah dari sang pemburu menjadi yang diburu, untuk itu mereka harus fokus dalam mempertahankan kecepatan dan ketahanan mobil mereka agar apa yang telah mereka raih tahun lalu, mahkota juara dunia pembalap dan juara dunia konstruktor, dapat dipertahankan.

"Musim balapan nanti akan sangat berat dan lama, persaingan bakalan sengit," kata Vettel sewaktu dimintai tanggapannya tentang musim balap 2011 yang akan terdiri dari 20 seri balapan, yang tak pernah terjadi sebelumnya. Bahrain akan menjadi tuan rumah balapan pembuka pada 13 Maret 2011.

"Saya pikir kami perlu memfokuskan diri kembali, meskipun motivasi tidak lagi menjadi masalah," kata Vettel.

"Situasi kami saat ini berbeda dari tahun lalu, mungkin lebih sulit karena pada saat itu kami hanya fokus dalam mengejar gelar, sementara sekarang kami harus mempertahankannya," katanya lagi.

"Sekarang kami mesti mengembangkan mobil dengan mengacu pada seberapa hebat pencapaian kami tahun lalu, jika tidak, hal itu berarti suatu kemunduran," tambah Vettel.

"Jika kami memakai pendekatan yang sama dengan yang kami gunakan tahun lalu maka itu berarti kami tidak sedang mengarah ke kemajuan," kata Vettel menutup jumpa pers.

Ketua tim Red Bull, Christian Horner, menyatakan bahwa dua gelar yang berhasil mereka raih tahun lalu telah memberi mereka rasa percaya diri dan harapan untuk dapat lebih baik lagi tanpa harus menjadi tinggi hati.

"Saya yakin bahwa seiring dengan berjalannya musim balapan nanti kami akan semakin membaik," kata Horner.

Perancang mobil dan kepala teknis Red Bull, Adrian Newey, yang sudah berhasil membawa tiga tim berbeda menjadi juara dunia F1, memperkirakan bahwa para pesaing mereka sedang mempersiapkan senjata-senjata pamungkas mereka musim ini.

Ia memperkirakan tim McLaren yang belum memperlihatkan mobil balap mereka tahun ini sedang mempersiapkan sesuatu yang mengejutkan.

Menurut Newey ada kemungkinan tim McLaren sedang mempersiapkan sesuatu yang spesial atau sedang mendeteksi adanya suatu terobosan yang dapat dimaksimalkan.

"Disinilah letak menariknya F1 dimana selalu ada kemungkinan bagi seseorang untuk muncul dengan ide-ide yang lebih cerdas dan tak pernah terpikirkan sebelumnya oleh kita," katanya kepada wartawan.

Meskipun demikian Adrian Newey lebih memilih mengeluarkan mobilnya lebih awal dengan alasan ia ingin mobilnya lebih cepat beradaptasi dengan perubahan pada pemasok ban musim ini.

Pirelli menggantikan Bridgestone sebagai satu-satunya pemasok ban bagi tim F1 tahun ini.
(/H-OKS/I015)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011