Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian Korea Selatan pada Minggu mengatakan telah menyetujui 53 proyek dengan anggaran 85 miliar won (75 juta dollar AS) tahun ini, sejalan dengan upaya untuk mengembangkan mobil yang sepenuhnya otomatis pada 2027.

Sekitar 373 organisasi dan 3.500 pakar diharapkan bergabung dalam proyek penelitian, menurut Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi, dilansir Yonhap.

Korea Selatan mengatakan anggaran akan dihabiskan untuk mengembangkan suku cadang otomotif untuk mobil mengemudi sendiri, bersama dengan perangkat lunak kecerdasan buatan.

Pengumuman itu datang sejalan dengan rencana Korea Selatan yang diumumkan sebelumnya untuk menghabiskan 1,09 triliun won hingga 2027 untuk proyek-proyek semacam itu.

Di bawah visi tersebut, negara itu berencana untuk mencapai apa yang disebut otomatisasi Level 4 pada tahun 2027, di mana pengemudi tidak lagi diharuskan memegang kemudi.

Ini dibandingkan dengan teknologi Level 2 yang saat ini tersedia di pasar, di mana pengemudi harus tetap fokus setiap saat, sementara mobil hanya dapat mengikuti jalur lalu lintas. Hanya intervensi terbatas yang diperlukan di bawah Level 3.

Negara ini juga akan melakukan upaya untuk merevisi peraturan lalu lintas yang ada untuk mengakomodasi mobil mengemudi sendiri.


Baca juga: Renault Samsung segera hadirkan EV baru di Korea Selatan

Baca juga: GM terus berkomitmen buat kendaraan EV di Korea Selatan

Baca juga: Kia Soul EV kendaraan tanpa emisi

Pewarta: F017
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021