Jakarta (ANTARA) - Pejabat pemerintah di Korea Selatan telah mengeluarkan pemberitahuan yang melarang kendaraan listrik yang terisi daya di atas 90 persen untuk memasuki tempat parkir bawah tanah.

Laman Drive, Minggu, melaporkan, larangan tersebut muncul usai kasus kebakaran di tempat parkir basement yang melibatkan mobil bertenaga baterai baru-baru ini.

Pemerintah Metropolitan Seoul juga akan mengujicobakan batas daya maksimum 80 persen di stasiun pengisian daya cepat kendaraan listrik umum di ibu kota, dengan kedua aturan tersebut akan berlaku pada akhir September.

Keputusan tersebut telah menimbulkan reaksi keras karena merupakan “aturan sementara yang tidak praktis dan tidak dapat menyelesaikan masalah secara mendasar”.

Aturan baru ini dibuat sebagai tanggapan atas kebakaran mobil listrik - yang diyakini sebagai Mercedes-Benz EQE - pada tanggal 1 Agustus 2024, yang menyebabkan kerusakan pada setidaknya satu blok apartemen dan ratusan mobil, dan beberapa penghuni terpaksa pindah ke tempat penampungan.

Baca juga: GM beli pengembang software pendeteksi kebakaran baterai mobil listrik

Baca juga: Kiat cegah risiko kebakaran pada kendaraan listrik


Profesor Yoon Won-Sub, yang mengajar di sebuah universitas di Korea Selatan dan mengepalai pusat penelitian baterai, mengatakan bahwa pengisian daya yang berlebihan bukanlah “faktor utama” pada baterai lithium-ion di kendaraan listrik.

“Mobil listrik, sejak awal, dirancang untuk tidak pernah mencapai daya penuh, bahkan jika dasbor mengatakan bahwa daya baterai telah mencapai 100 persen,” kata Yoon.

“Ini adalah argumen yang tidak terbukti bahwa baterai memiliki risiko kebakaran yang lebih tinggi ketika terisi penuh.” tambahnya.

Para pejabat di Pemerintah Metropolitan Seoul juga akan mengumumkan pedoman tambahan pada awal September, yang dapat mencakup persyaratan bagi produsen mobil untuk mengungkapkan rincian produsen baterai, dan batas pengisian daya tambahan.

Baca juga: Pakar: Perhatikan standar keamanan EV untuk hindari risiko kebakaran

Baca juga: Soket listrik dashboard picu kebakaran, Hyundai tarik 272 ribu mobil

Baca juga: ITB: Kebakaran kendaraan listrik jadi tantangan

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024