Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan alasan Toyota Raize diboyong ke Indonesia karena pasar kendaraan segmen compact Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air terus meningkat.

"Kenapa Toyota meluncurkan Raize di Indonesia? Jadi kalau kita lihat market SUV, misalnya lima tahun ke belakang ini memang SUV baik seven seater dan five seater ini berkembang terus," ujar Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam sesi tanya jawab dengan media yang digelar virtual, Jumat.

"Rasanya sudah banyak baik media, customer, dan diler meminta untuk Toyota melengkapi produk line up SUV kita, jadi kita memperkenalkan Raize sebagai compact SUV five seater," tambah dia.

Baca juga: Toyota Raize ditargetkan terjual 2000 unit

Dalam data penjualan yang disajikan TAM menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada segmen SUV di Indonesia, di mana selama tahun 2015 hingga 2020 pasar SUV Tanah Air tumbuh sekitar 11 persen.

Di saat yang bersamaan, di tahun 2020 kontribusi segmen SUV terhadap penjualan domestik Toyota tembus 25,9 persen, yang artinya setidaknya 1 dari 4 mobil Toyota di Indonesia adalah SUV.

Lebih lanjut Anton menyebut bahwa SUV Toyota terbagi antara SUV tujuh penumpang dan lima penumpang, yang jika dipersentasikan komposisi keduanya yakni 60 persen dan 40 persen.

"Kira-kira SUV seven seater ini masih lebih besar kira-kira 60 persen. Tapi five seater-nya tidak kecil karena memang masih berada di angka 40 persen," ujar Anton.

"Jadi kami rasa sudah timing yang tepat juga melengkapi five seater model Raize ini yang saya rasa segmennya tepat ya, dari product size, design, usage, dan value-nya. Mudah-mudahan ini bisa diterima oleh pasar," sambung dia.

Dengan adanya Toyota Raize, saat ini sudah ada 6 SUV yang dihadirkan oleh TAM untuk mengisi segmen yang bervariasi.

Toyota Raize yang diluncurkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) hadir dalam rangka menyambut 50 tahun eksistensi Toyota di Indonesia sekaligus sebagai langkah mengembangkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia yang membutuhkan SUV modern yang compact.

Adapun Toyota Raize pertama kali diluncurkan di negara asalnya Jepang, pada akhir tahun 2019 silam.

Terdapat enam line up Toyota Raize yang bisa dipilih, mulai dari Raize 1.2 G M/T, Raize 1.2 G CVT, Raize 1.0 Turbo G M/T, Raize 1.0 Turbo G CVT, Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Untuk tipe 1.0 Turbo mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

Baca juga: Menperin apresiasi Raize dan Rocky, minta Astra naikkan komponen lokal

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi diperkenalkan di Indonesia

Baca juga: Toyota rangkum 1.012 pemesanan selama IIMS, Kijang Innova terlaris

Pewarta: F017
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021