Jakarta (ANTARA) - General Motors Co dan Ford Motor Co pada Kamis (8/4) mengatakan bahwa mereka akan memangkas lebih banyak produksi kendaraan di Amerika Utara karena kekurangan chip semikonduktor yang telah mengguncang industri otomotif global.

Produsen mobil terbesar Amerika Serikat itu mengatakan mulai Senin akan memangkas produksi selama dua minggu di pabrik perakitan Spring Hill yang membuat SUV populer, dan memotong produksi Chevrolet Blazer selama seminggu di pabrik Ramos di Meksiko dan pabrik Lansing Delta Township di Michigan.

GM's Lansing Grand River Assembly akan memperpanjang waktu henti hingga 26 April, sementara pabrik CAMI Assembly (Kanada) dan Fairfax Assembly akan memperpanjang penghentian produksi hingga 10 Mei.

Baca juga: Ford Transit listrik akan diproduksi di Turki

Ford, produsen mobil terbesar kedua di AS mengatakan akan membatalkan produksi minggu depan di Pabrik Perakitan Chicago, Pabrik Perakitan Flat Rock dan bagian dari Pabrik Perakitan Kansas City. Mereka juga akan mengoperasikan Pabrik Perakitan Ohio pada jadwal yang dikurangi.

Ford mengatakan akan mengoperasikan lebih banyak pabrik pada musim panas ini selama minggu-minggu penutupan untuk mengganti produksi yang hilang.

GM mengatakan bahwa kekurangan tersebut dapat mengurangi laba tahun ini hingga 2 miliar dollar AS.

GM mengatakan tidak mengambil waktu henti atau mengurangi shift di pabrik truk ukuran penuh atau SUV ukuran penuh karena kekurangan itu.

Gedung Putih merencanakan pertemuan puncak tentang masalah kekurangan chip pada Senin depan yang diharapkan akan menyertakan Chief Executive GM Mary Barra dan Chief Executive Ford Jim Farley serta eksekutif perusahaan teknologi teratas.

Sebuah kelompok industri otomotif AS minggu ini mendesak pemerintah untuk membantu dan memperingatkan bahwa kekurangan semikonduktor global dapat mengakibatkan berkurangnya 1,28 juta kendaraan yang dibangun tahun ini dan mengganggu produksi selama enam bulan lagi.

Presiden Joe Biden menginginkan setidaknya 50 miliar dollar AS untuk membantu meningkatkan produksi semikonduktor AS, tetapi itu tidak akan memenuhi kebutuhan jangka pendek.

"Ini adalah sesuatu yang menjadi fokus besar pada tingkat tertinggi di seluruh pemerintahan," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

Baca juga: Ford akan hentikan produksi sedan Mondeo di Eropa pada awal 2022

Baca juga: Ford hentikan sementara pabrik truk F-150 karena kurangnya chip global

Baca juga: Ford tarik lagi 3 juta kendaraan bermasalah kantung udara

 

Pewarta: F017
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021