Jakarta (ANTARA) - Setahun pandemi virus corona di Indonesia memaksa PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) dan PT Federal Karyatama (FKT) melakukan penyeimbangan-penyeimbangan dan juga tetap merilis produk baru agar tetap bisa bersaing di pasar.

"Seluruh industri mengalami penurunan demand dan ini dilema. Ketika kita produksi banyak, tapi tidak ada yang beli jadinya mubazir, ketika tidak produksi, ternyata masih ada konsumennya," kata Executive Chairman ExxonMobil Lubricants Indonesia, Patrick Adhiatmadja, saat media gathering, Kamis.

Dia juga mengatakan bahwa agar tidak kalah bersaing dengan pabrikan lain, PT EMLI harus melakukan penyeimbangan dan juga tetap meluncurkan produk baru seperti yang dilakukannya baru-baru ini.

Baca juga: ExxonMobil Lubricants luncurkan pelumas baru untuk roda empat

"Intinya, kita musti seimbang supaya tidak kalah dengan pabrikan lain. Tahun ini EMLI juga sudah mengeluarkan produk merek Mobil varian baru untuk bisa tetap kompetitif dan berpengaruh pada industri pelumas dan otomotif di Tanah Air," kata dia.

Bahkan untuk tetap eksis selama masa pandemi, PT EMLI dan juga PT FKT telah melakukan berbagai kegiatan untuk menangkap peluang baru dan tren konsumen yang muncul selama pandemi.

Hal ini terlihat dari beragam inovasi program yang dihadirkan Mobil dan Federal Oil bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat, roda dua dan industri di Indonesia, seperti promosi konsumen berskala besar berbasis pendekatan digital, program berhadiah, kampanye menyambut Lebaran hingga peluncuran produk baru rangkaian Mobil Super.

Baca juga: Mobil Lubricants hadirkan program home service bareng startup Brum.id

Dalam hal ini, dia berharap dengan pemulihan pasar mulai dirasakan bisa mendongkrak perekonomian Indonesia.

"Kami berharap pemulihan pasar saat ini akan mengembalikan kepercayaan konsumen dan pelanggan, yang merupakan kunci untuk pemulihan ekonomi. Sebagai organisasi yang terintegrasi, kami terus mempersiapkan diri untuk era normal baru dengan mempersiapkan kemampuan pemberdayaan digital kami. Pada akhirnya, Indonesia tetap menjadi pasar yang sangat menarik bagi ExxonMobil," ucap dia.

Saat ini, PT EMLI dan FKT sedang fokus untuk berkembang di kategori motor matik dengan tetap mempertahankan posisinya yang kuat di kategori non-matik, dengan terus berkolaborasi dengan mitra jaringan, lebih dari 40 distributor nasional.

Selain itu terdapat juga bengkel independen yang hingga saat ini telah menjangkau lebih dari 16 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia.

"Kami menawarkan dua merek ternama di Indonesia. Peluncuran rangkaian Mobil Super menghadirkan kualitas lebih dengan biaya lebih terjangkau bagi pengemudi Indonesia," tutup Marketing Director ExxonMobil Lubricants Indonesia, Pablo Conrad.

Baca juga: Exxon akan menutup kilang di Australia karena merugi

Baca juga: ExxonMobil - Brum Indonesia rilis jasa rawat mobil di rumah

Pewarta: KR-CHA
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021