Houston (ANTARA) - Exxon Mobil pada Rabu (11/10) mengumumkan bahwa pihaknya mengakuisisi Pioneer Natural Resources, sebuah perusahaan pengeboran gas serpih, dengan nilai 59,5 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.702) dalam upayanya untuk memperluas produksi minyak di wilayah West Texas.

Menurut pernyataan yang dirilis pada Rabu, sebagaimana warta Xinhua pada Jumat, Exxon akan membayar 253 dolar per saham dalam kesepakatan all-stock, premi 18 persen untuk investor Pioneer berdasarkan harga penutupan pada 5 Oktober.

Ini merupakan kesepakatan terbesar Exxon sejak merger dengan perusahaan minyak Mobil lebih dari dua dekade lalu, dan akan menjadikan Exxon sebagai operator terbesar di Cekungan Permian di Texas dan New Mexico, menurut laporan surat kabar Houston Chronicle.

"Jumlahnya lebih besar dibandingkan masing-masing bagiannya," kata CEO Exxon Darren Woods dalam sebuah wawancara pada Rabu. "Kami memiliki lebih banyak teknologi yang kami pikir akan lebih meningkatkan pemulihan dan mengurangi biaya."

Woods mengatakan bahwa Pioneer, yang berbasis di Irving, Texas barat laut, saat ini menguasai sejumlah "area paling menarik" di Cekungan Permian, West Texas.

Kesepakatan tersebut diperkirakan akan mencapai tahap finalisasi tahun depan.

 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023