Jakarta (ANTARA) - Kendaraan off-road legendaris Ford Bronco telah dihadirkan lagi oleh Ford, bukan saja lebih "macho" dan modern dalam desain, SUV ini juga sangat mudah dimodifikasi oleh pemiliknya.

Kenapa demikian? Ford telah menyematkan desain modular pada Bronco dua dan empat pintu yang sudah dipatenkan, memungkinkan beberapa bagian bisa dilepas dengan mudah. Pintu, spatbor, dan gril alternatif dapat ditambahkan dengan mudah sebelum pengguna bepergian.

Baca juga: Ford rilis gambar penggoda dari F-150 Raptor 2021

Keesokan harinya, SUV Bronco baru dapat dikonfigurasi ulang untuk petualangan baru lainnya dengan pengaturan bodi dan atap yang berbeda. Semua itu bisa pengguna lakukan dengan mudah dan cepat karena bagian-bagian bodi kendaraan bisa dilepas hanya meninggalkan struktur dasarnya.

Apakah tujuan Anda adalah membangun pembalap gurun terbaik atau kendaraan tangguh di bebatuan--atau keduanya dengan kendaraan yang sama--desain modular Bronco memberikan kemudahan dan kepercayaan diri untuk membuat 4x4 yang seunik setiap pelanggan Ford, kata kepala desain Bronco Paul Wraith, dikutip Jumat.

SUV dua dan empat pintu Bronco dirancang dan direkayasa untuk membuat kustomisasi off-road menjadi mudah, cepat, dan dapat dicapai oleh semua penggemar dengan beragam minat dan tingkat keahlian.
Desain modular Ford Bronco. (ANTARA/Ford)


Modifikasi dasar untuk mempersiapkan Bronco untuk sore yang menyenangkan di udara terbuka dapat diselesaikan dalam hitungan menit dengan tangan. Panel atap modular yang tersedia dapat dilepas oleh satu orang menggunakan kait sederhana.

Jendela belakang modular yang tersedia dapat dilepas dengan sedikit usaha, cukup dengan melepaskan kait untuk setiap jendela, sementara dua orang dapat melepas unit hardtop (atap) belakang setelah melepas beberapa pengencang.

Pengencang seperempat putaran yang mudah digunakan memungkinkan pelepasan empat suar fender hanya dalam beberapa menit.

Baca juga: Ford "recall" 153.000 kendaraan karena masalah kantung udara

Baca juga: Target Ford untuk kendaraan listrik rampung di 2030


Logo Bronco yang tertera pada bodi dan pengencang interior menunjukkan komponen modular yang dapat dilepas seperti pintu tanpa bingkai, spatbor, bumper, gril, dan pegangan pegangan.

Tidak seperti SUV pesaing, spatbor depan dan belakang dapat dilepas hanya dengan melepas baut dan dapat diganti tanpa pengelasan atau cara rumit lainnya.

Pintu EZ Air Frameless dapat dilepas dalam hitungan menit oleh siapa pun dengan ukuran berapa pun dengan melepas dua baut dan melepaskan konektor listrik.

Setiap pintu membutuhkan waktu antara dua dan empat menit untuk dipindahkan, tergantung pada tingkat keahlian pelanggan. Titik pemasangan logo Bronco berulir dari pabrik memungkinkan penambahan aksesori seperti lampu pod LED ke kaca spion samping dan pemasangan rak atap ke bilah atas.
Desain modular Ford Bronco. (ANTARA/Ford)


Bumper depan dan belakang modular yang tersedia juga dilengkapi dengan keran berulir untuk memasang derek, bar safari, dan lampu LED.

Ketika bagian bodi yang dirancang khusus dilepas untuk penggunaan off-road saja--spatbor, panel seperempat, pintu dan atap--model dua dan empat pintu Bronco mempertahankan semua Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal yang disyaratkan.

Berkat desain pintu yang inovatif pada kendaraan, kaca spion samping yang dipasang di cowl tetap terpasang saat pintu dimatikan atau saat pintu opsional dipasang. "Saya berharap banyak pemilik Bronco akan bersenang-senang dengan aspek DIY dari desain modular karena ini memberi mereka kesempatan untuk membuat 4x4 sempurna untuk kebutuhan unik mereka tanpa memerlukan banyak keahlian atau pengalaman mekanik," kata Wraith.

"Dan dari perspektif desain, desain antik Bronco yang dikombinasikan dengan beberapa teknologi baru yang luar biasa akan memberikan banyak pekerjaan kepada pembuat kustom untuk menciptakan beberapa alat berat off-road yang sangat ekstrem," kata Theresa Contreras, pembangun kustom dan salah satu pendiri LGE-CTS Motorsports yang berbasis di California.

Model dua dan empat pintu Bronco 2021 yang semuanya baru akan tersedia mulai musim panas tahun ini.

Baca juga: Ford "recall" Mustang Mach-E karena masalah baut

Baca juga: CEO Ford minta AS dukung produksi baterai EV

Baca juga: Sukses di 2020, Ford geber kendaraan listrik di Eropa

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021