Jakarta (ANTARA) - Pelumasan mesin yang buruk mengakibatkan kinerja mesin tidak maksimal, sehingga berdampak pada hasil yang didapat serta usia mesin yang menjadi singkat. 

Hal tersebut kerap menjadi masalah bagi pelaku industri, khususnya di sektor kelistrikan, sebab dalam mengoperasikan mesin salah satu faktor penting adalah penggunaan pelumas mesin tepat untuk merawat komponen dari dalam mesin.

Untuk itu, ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) selaku pemegang merek Mobil Lubricants berupaya memberikan edukasi mengenai pentingnya pelumasan terhadap mesin.

Baca juga: PT EMLI hadirkan laboratorium pelumas di Indonesia

Mereka berkolaborasi dengan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), dengan memberikan pelatihan virtual dalam tujuh kali sesi, sejak November hingga 11 Januari 2021.

Kolaborasi itu diharapkan dapat menjangkau pelaku industri listrik di Indonesia, serta mampu mengajak equipment builder dan universitas terkait.

"Saya senang dan bangga, kami dapat mengadakan kegiatan ini, dan saya berterima kasih juga tentunya kepada MKI yang telah bersedia berkolaborasi dengan kami," kata Presiden Direktur PT EMLI, Syah Reza dalam siaran pers, Rabu.

"Kami yakin dan terus berupaya untuk tetap dekat dengan para pelaku industri melalui program-program yang kami lakukan melalui digital saat ini. Ini merupakan hal yang kami anggap penting, agar para pelaku industri dapat memahami pentingnya pelumasan terhadap mesin, sehingga kelangsungan bisnis dapat berjalan lancar, dan mendapat hasil yang diharapkan,” ujar Syah Reza.

Hal yang dibahas dalam pertemuan itu antara lain pengetahuan pelumasan dasar, peluang efisiensi dalam memaksimalkan produktivitas, serta berbagi pengalaman dan masalah yang pernah dihadapi untuk dapat didiskusikan langsung dengan tenaga ahli, sehingga mendapat analisa dan pemecahan masalah secara tepat.

“Kami berusaha menghadirkan topik-topik menarik yang dapat memberikan wawasan, serta solusi bagi para pelaku industri dalam membantu menyelesaikan masalah pengoperasian mereka. Kami harap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para pelaku industri dalam melakukan kegiatan bisnisnya,” tambah GM Industrial Lubricants PT EMLI Lukman Hakim.

Baca juga: Repsol dan PLI sinergikan target perusahaan dengan distributor

Baca juga: Shell pertahankan pangsa pasar global, jual 5 milyar liter pelumas

Baca juga: Upaya Federal Oil dorong perekonomian bengkel lokal

Pewarta: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020