Jakarta (ANTARA) - Lexus sebagai brand premium dari Toyota memiliki visi "Lexus Electrified" yang menegaskan komitmen perusahaan untuk menciptakan kendaraan mewah dan ramah lingkungan di masa depan.

Di Indonesia, Lexus pekan lalu memperkenalkan mobil berpenggerak full listrik untuk pertama kalinya yakni Lexus UX 300e, dan mereka terus mengembangkan teknologinya dengan merilis Lexus LF-30 Electrified Concept.

Lexus UX 300e yang baru saja diperkenalkan di Indonesia, merupakan luxury compact crossover SUV yang menggunakan baterai Lithium-ion dengan Permanent Magnet Motor bertenaga 54.35 kWh. Bagian exterior Lexus UX 300e mengusung desain khas Lexus dengan Signture Spindle Grille, Limitless Rear Lights dan 3-LED Projector Headlights.

Baca juga: Mobil listrik baterai Lexus UX 300e resmi dijual seharga Rp1,2 miliar

Baca juga: Lexus hadirkan varian RX 2021 edisi terbatas


Dalam siaran pers Lexus Indonesia, dikutip Kamis, UX 300e memiliki jarak tempuh maksimal 300km (WLTP) yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat urban. Sedangkan Lexus LF-30 Electrified Concept merupakan gambaran model kendaraan premium di masa depan.

Eksterior Lexus LF-30 menampilkan visi canggih dari sebuah mobil baterai (BEV) di masa depan. Visi itu disalurkan ke dalam unsur-unsur artistik yang menghasilkan bentuk mobil futuristik dengan interior yang menghubungkan sistem mengemudi otonom dan teknologi.

Lexus juga berencana memperluas cakupan mobil ramah lingkungan dengan mengembangkan Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).
 
Lexus Hybrid Lineup (ANTARA/HO)


Jika dikaji ke belakang, Lexus Electrified telah dimulai sejak 2004 melalui model RX 400h yang dilengkapi teknologi Lexus Hybrid Drive, kombinasi optimal antara tenaga listrik dan bahan bakar.

Lexus RX 400h diklaim sebagai kendaraan pertama di luxury market yang mengadopsi self-charging hybrid dimana teknologi itu memiliki kemampuan mengisi daya baterai dengan tenaga dari mesin dan pengereman.

Lima belas tahun setelah peluncuran Lexus Hybrid yang pertama, teknologi Lexus Hybrid Drive tersedia pada sebagian besar model Lexus yang dijual saat ini.

Terobosan terbaru untuk sistem Hybrid bernama Lexus Multi-Stage Hybrid System yang diperkenalkan melalui Lexus LC 500h di tahun 2017. Sistem itu merupakan generasi keempat Lexus Hybrid yang menggabungkan teknologi hybrid yang dikawinkan dengan transmisi empat percepatan.

Kombinasi baru itu menghasilkan performa mengemudi optimal dengan konsumsi bahan bakar ekonomis. Lexus Multi-Stage Hybrid System juga terdapat di Lexus LS 500h

Pada tahun 2019, Lexus mencatat penjualan 1,5 juta mobil tipe hybrid di dunia.

Baca juga: BMW Indonesia sambut persaingan industri kendaraan listrik

Baca juga: Membedah tampilan hingga fitur-fitur baru di Lexus UX 300e

Baca juga: Mengintip keunggulan dan kemudahan Lexus UX 300e

 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020