Jakarta (ANTARA) - Setelah memboyong All-new Nissan Kicks e-POWER ke Indonesia, Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah bersiap untuk menghadirkan mobil listrik andalan lainnya, yaitu Nissan LEAF.

Presiden Direktur Nissan di Indonesia, Isao Sekiguchi, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berencana untuk membawa LEAF ke negeri ini pada tahun 2021.

"Kami sudah memutuskan untuk mengubah urutan jadwal rilis. Kami masih memiliki rencana untuk membawa LEAF ke Indonesia di paruh pertama tahun depan," ungkap Sekiguchi kepada ANTARA dalam wawancara eksklusif di Jakarta, Kamis.

Disinggung mengenai urutan jadwal perilisan, Sekiguchi mengungkapkan bahwa sebelumnya, pihaknya berencana memboyong LEAF terlebih dahulu daripada All-new Nissan Kicks e-POWER ke Indonesia. Namun, rencana itu harus berubah karena beberapa hal.

Baca juga: Nissan bakal boyong Kicks e-Power dan LEAF ke Indonesia tahun ini

Baca juga: All-New Nissan Kicks e-Power mengaspal di Indonesia, ini harganya


Salah satu faktor utama adalah mengingat LEAF merupakan mobil yang sepenuhnya ditenagai listrik dan membutuhkan pengisian daya listrik di charging station.

"Sebenarnya, kami berencana untuk membawa LEAF dulu daripada Kicks e-POWER -- yang rencananya kami ingin luncurkan tahun depan setelah LEAF hadir," kata Sekiguchi.

"Namun, mengingat kesiapan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia masih membutuhkan waktu, dan kami juga berpikir ini adalah kesempatan yang bagus bagi pelanggan di Indonesia agar segera merasakan Kicks e-POWER di waktu yang berdekatan dengan peluncurannya di Jepang dan Thailand," ujarnya melanjutkan.

Menurut Sekiguchi, peluncuran mobil-mobil bertenaga listrik merupakan langkah strategis bagi Nissan di Indonesia karena dukungan dan salah satu fokus pemerintah di pasar otomotif di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Selain itu, ini juga sejalan dengan strategi brand dan produk Nissan yang salah satunya akan lebih berfokus ke segmen kendaraan dan teknologi listrik.

"Elektrifikasi akan menjadi salah satu fokus utama kami di Indonesia. Kami saat ini masih mempelajari rencana mendatang. Namun, LEAF akan hadir di Indonesia tahun depan," pungkasnya.

Baca juga: Nissan Leaf dapat melesat 100 km/jam dalam 7,9 detik

Baca juga: Edukasi mobil listrik Nissan Indonesia lewat e-POWER

Baca juga: Nissan Leaf bisa memasok daya listrik untuk rumah tangga

Pewarta: A087
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020