Jakarta (ANTARA) - Kendaraan roda dua yang terlalu lama parkir di garasi dan tidak digunakan akan membuat kondisi motor menjadi tidak baik dan hal itu dapat menurunkan performa saat nanti akan digunakan kembali.

Di tengah adanya himbauan dari pemerintah untuk berdiam diri di rumah guna memutus rantai dari penyebaran wabah virus corona, seringkali banyak pecinta roda dua terlebih pecinta skuter metik lupa untuk merawat kendaraan mereka yang terlalu asik terparkir di garasi.

Berikut ini terdapat lima tips bagi para pecinta Vespa untuk melakukan perawatan mandiri di rumah selama masa PSBB dan dapat menjadi aktifitas menunggu berbuka puasa.

1. Cabut aki jika Vespa tidak dipakai dalam waktu yang lama
Mencabut aki jika Anda berencana untuk tidak memakai Vespa Anda dalam waktu lama adalah solusi untuk penghematan aki. Karena jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga bisa habis.

"Pencabutan aki dari Vespa Anda hanya dilakukan apabila Vespa tidak akan digunakan dalam waktu 1 bulan atau lebih. Pencabutan ini cukup melepas kabel dari kutub Negatif aki, dan apabila aki harus dilepas dari kendaraan pastikan agar aki Vespa disimpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh sinar matahari dan benda yang mudah terbakar," Ungkap PT Piagio Indoensia dalam keterangan resminya, Senin.

Baca juga: Motor jarang dipakai karena WFH? Ini tips merawat agar tetap prima

Baca juga: Cara tangani motor matik tanpa "kick starter" usai terendam air
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020