Jakarta (ANTARA) - Motor Vespa klasik merupakan salah satu varian kendaraan bermotor yang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Vespa klasik, yang kebanyakan sudah berusia puluhan tahun, memerlukan perawatan secara berkala agar tetap lancar saat digunakan.

Saat ditemui di acara penayangan perdana film dokumenter “The Last Journey” di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat, pencinta Vespa sekaligus sutradara film Mario Arfani membagikan sejumlah tips perawatan untuk Vespa klasik.

“Karena motor tua, kendaraan tua, perawatannya harus ekstra,” kata Mario.

Baca juga: Atta Halilintar, Vespa klasik dan makna komunitas

Menurut Mario, perawatan motor Vespa klasik harus dilakukan secara berkala, yaitu pengecekan rutin ke bengkel setiap satu bulan sekali atau selama waktu tertentu yang dibutuhkan.

Hal utama yang harus diperhatikan para pemilik Vespa klasik adalah rajin mengganti oli dan busi motor. Terkadang, Vespa klasik kerap mogok atau sulit dinyalakan mesinnya karena pemilik jarang mengganti oli atau busi yang sudah tidak bekerja maksimal.

Mario juga mengingatkan pemilik Vespa klasik agar sering menggunakan kendaraan tersebut untuk berkegiatan untuk meminimalisasi mogok karena oli mesin motor yang dingin. Jangan lupa untuk memanaskan motor sebelum digunakan agar bagian dalam mesin mendapatkan pelumasan yang baik dan siap untuk digunakan.

Pada dasarnya, perawatan Vespa klasik hampir sama dengan perawatan kendaraan bermotor lainnya. Hanya saja, usia Vespa yang tua harus lebih diperhatikan lagi dari segi ketahanan mesinnya.

Pengguna disarankan rajin mengganti spare part atau onderdil motor jika dirasa sudah cukup aus agar tidak merambat ke permasalahan mesin lainnya.

“Vespa tua masih banyak (produksi) spare part-nya. Toko-toko tuanya juga masih banyak,” kata Mario.

Mario juga menyarankan para pencinta Vespa klasik yang masih amatir untuk mengikuti komunitas Vespa supaya bisa bertukar pendapat dengan penggemar dan lebih memahami masalah yang biasa terjadi pada motor klasik tersebut.

Baca juga: Impresi, kepuasan skuteris vespa klasik

Baca juga: Vespa bermitra dengan Disney untuk skuter edisi terbatas Mickey Mouse

Baca juga: MV Agusta kenalkan skuter listrik Ampelio, perpaduan klasik modern
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023