Jakarta (ANTARA) - Memanfaatkan bepergian saat musim libur Natal dan Tahun Baru menggunakan roda dua masih banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, mereka perlu mempersiapkan kendaraan supaya perjalanan liburan tidak mengalami kendala.

Pendiri Scooter VIP Surabaya Dennil Sagita kepada ANTARA Rabu, memberikan beberapa hal penting bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalan jauh dengan roda dua kesayangan mereka, terutama skuter jenis Vespa matik.

“Salah satu tips penting yang perlu diketahui sebelum menggunakan Vespa matik untuk mudik atau berlibur pada akhir tahun adalah dengan melakukan pengecekan secara mandiri atau dapat mengeceknya di bengkel khusus Vespa matik terdekat,” kata Dennil.

Kesehatan motor yang digunakan untuk kegiatan perjalanan jauh adalah syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik. Meski begitu, banyak para pengguna kendaraan abai akan hal tersebut.

Baca juga: Libur akhir tahun, simak kiat berkendara jarak jauh saat musim hujan

Menurut Dennil, pengecekan umum skuter matik yang harus dilakukan meliputi cek kondisi pelumas mesin, gardan dan rem, pengecek kondisi lampu depan dan belakang, filter udara dan filter oli, dan juga pengecekan sektor kaki-kaki. Hal yang tidak kalah penting adalah pengecekan air radiator jika motor memilikinya.

Kondisi cuaca yang saat ini sedang tidak menentu juga harus menjadi perhatian pengendara, ketika turun hujan yang cukup lebat pengendara diimbau untuk berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan. Jika memang harus menerjang kondisi seperti itu, pengendara disarankan untuk tetap fokus memperhatikan kondisi jalan dan sebisa mungkin menghindari genangan air yang dapat merusak beberapa bagian motor.

“Jika pengendara terlanjur melintasi genangan air saat musim hujan ini, maka langkah yang harus dilakukan adalah membilasnya dengan air biasa. Setelah itu pemilik kendaraan diminta untuk mengeringkannya dengan lap kering,” ucap Dennil.

Meski pada dasarnya Vespa jenis matik sudah dilapisi dengan anti karat, kewaspadaan untuk menjaga dan merawat secara ekstra ketika menerjang hujan lebat dan genangan air harus dilakukan agar warna cat tetap terjaga dan tidak menimbulkan korosi.

Yang juga harus menjadi perhatian adalah kesehatan sang pengendara, tidak perlu memaksakan bepergian jauh ketika merasa kondisi badan sedang tidak bugar.

“Memaksakan tubuh yang sedang tidak fit untuk perjalan yang jauh, tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi, juga orang di sekitar,” kata Dennil.

Baca juga: Liburan keluar kota naik motor, berikut hal yang perlu diperhatikan

Baca juga: Pentingnya pelumas saat "touring" sepeda motor

Baca juga: Jelang libur, simak kiat keselamatan perjalanan bersama keluarga

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023