Ambarawa (ANTARA) - PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kegiatan touring bersama menuju lokasi Honda Bikers Day (HBD) 2019, melintasi rute Yogyakarta-Magelang-Ketep-Ambarawa menggunakan Honda ADV150.

Kegiatan yang diikuti puluhan jurnalis dari media massa nasional serta jajaran manajemen PT AHM itu menempuh rute sepanjang 171 Km, dengan lokasi start dari Safety Riding Centre Astra Motor Yogyakarta.

"Kami manajeman dari AHM serta Astra Motor mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman jurnalis semua yang sudah riding dari Yogyakarta sampai Ambarawa," ujar Thomas Wijaya selaku Marketing Director PT AHM di Ambarawa, Jawa Tengah, Sabtu.

Perjalanan dimulai dengan menembus kepadatan lalulintas kota Yogyakarta, melewati Ring Road Barat menuju Gamping, Kabupaten Sleman.

Perjalanan kemudian masuk ke wilayah Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Para peserta turing disuguhkan pemandangan area persawahan khas Pulau Jawa dengan kondisi jalanan yang baik. Di sini mesin Honda ADV150 diuji dengan kecepatan rata-rata 70-80 km per jam mampu melaju mulus tanpa kendala.

Kondisi jalan dengan medan menanjak dan berliku ditemui saat tiba di Jl Magelang-Salatiga (Kopeng). Belum lagi kontur jalan yang tidak begitu baik. Kondisi ini menguji kekuatan dan kenyamanan berkendara yang disuguhkan oleh skutik penjelajah jalanan Honda ADV150.

Rombongan kemudian disambut dengan kondisi jalan ekstrem, penuh dengan tanjakan dan turunan serta tikungan tajam ketika melewati rute Magelang-Ketep-Salatiga-Ambarawa. Belum lagi guyuran hujan dan jalanan yang licin membutuhkan kondisi ban yang prima.

Performa Honda ADV150 benar-benar teruji selama selama kurang lebih tujuh jam perjalanan menempuh jarak 171 km. Tarikan mesin terasa halus ketika grip gas diputar.

Pengendara tidak kerepotan saat menghadapi jalanan menanjak karena torsi yang dihasilkan melimpah di putaran bawah sehingga motor mempunyai tenaga cukup.

Posisi duduk yang tinggi serta pandangan luas membuat pengendara leluasa mengendalikan laju motor. Desain jok yang berlekuk-lekuk ini juga pas di bokong untuk bersandar. Meskipun ground clearance terbilang tinggi sehingga membuat pengendara harus berjinjit ketika motor berhenti di kemacetan.

Selain itu, seperti pada umumnya motor dengan ukuran bodi bongsor membuatnya agak sulit ketika bermanuver di sudut sempit atau menghadapi jalanan dengan tikungan tajam. Pengendara juga butuh usaha lebih saat ingin memutar balik karena hal tersebut.


Baca juga: AHM luncurkan Honda ADV150 di GIIAS 2019

Baca juga: "Lady bikers" asal Pekanbaru tempuh ratusan kilometer hadiri HBD 2019

Baca juga: HBD 2019 diikuti lebih dari 30.000 "bikers"

Pewarta: Y014
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019