Kota Malang (ANTARA) - Tenda ajang kontes modifikasi sepeda motor Honda terbesar di Indonesia yakni Honda Modif Contest (HMC) 2023 menjadi salah satu sudut paling diminati para pengunjung yang meramaikan perhelatan anjangsana Honda Bikers Day di Lapangan Rampal Kota Malang, Sabtu.

Tak hanya dipadati oleh bikers dari berbagai komunitas motor, banyak masyarakat umum yang berbondong-bondong meramaikan tenda modifikasi untuk melihat lebih dekat kreativitas karya para modifikator ulung yang dituangkan melalui beragam jenis motor Honda.

"Seru dan menarik sekali. Banyak motor modifikasi yang dibuat dengan ide kreatif, penuh kreasi dan warna," kata salah seorang pengunjung bernama Agus Gumilar.

Pengunjung lain bernama Heri menilai modifikasi motor merupakan sebuah proses yang harus mendapatkan apresiasi tinggi karena tidak semua orang dapat menuangkan ide kreatif dan inovatif sambil tetap memperhatikan unsur-unsur penting lain.

Baca juga: Honda Bikers Day jadi momentum dorong pertumbuhan UMKM
 
Tenda ajang kontes modifikasi sepeda motor Honda terbesar di Indonesia yakni Honda Modif Contest 2023 dalam kegiatan Honda Bikers Day di Lapangan Rampal Kota Malang, Sabtu (28/10). (ANTARA/Ahmad Faishal)



"Motor modifikasi ini kan bukan hanya harus keren dan tampil di luar perkiraan, tetapi harus tetap bisa aman dan nyaman ketika dipakai. Jadi bukan sekadar obyek pajangan, harus tetap ada fungsinya seperti kendaraan bermotor pada umumnya," kata Heri.

Gelaran HMC 2023 kali ini melibatkan sebanyak 710 peserta dari seluruh penjuru Tanah Air yang diseleksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Dari jumlah tersebut kemudian terpilih 45 karya modifikasi sepeda motor Honda terbaik untuk diadu pada babak final.

Pada babak final, deretan karya modifikasi terbaik ditentukan dari seleksi karya-karya modifikasi sepeda motor Honda pada seri regional yang digelar di enam kota yaitu Pekanbaru, Solo, Denpasar, Samarinda, Makassar dan Malang.

Tahun ini, HMC melombakan sembilan kelas utama, yaitu All stock & Advance untuk sepeda motor produksi di bawah tahun 2006, kategori Matic & Cub Stock/Bolt On, Matic & Cub Advance, Sport Naked, Sport Fairing, Sticker/decals, Racing Style, serta Community Touring untuk kategori sepeda motor dengan produksi di atas tahun 2006.

Satu hal menarik lain adalah hadirnya kelas Free for All (FFA) yang bergengsi untuk semua kategori skutik, cub, dan sport Honda dari semua tahun produksi.

Baca juga: Sebanyak 34 ribuan bikers padati ajang Honda Bikers Day 2023
 
Pengunjung melihat dari dekat beberapa motor modifikasi pada ajang Honda Modif Contest 2023 dalam kegiatan Honda Bikers Day di Lapangan Rampal Kota Malang, Sabtu (28/10). (ANTARA/Ahmad Faishal)


Selain sembilan kelas utama, terdapat pula kategori special achievement yang terdiri atas lima kategori yaitu Best Fashion, Best Matic Besar, Best Xplorer, Best Fun Community Competition, serta Best Media Pick.

Pada babak final, predikat juara nasional diraih oleh Saharudin untuk kategori Matic & Cub yang memodifikasi motor Honda Scoopy, Iksan Aditya Mulyo untuk kategori Sport dengan karya CBR250, dan Andri Hendrawan dengan kreasinya Honda CB175 Twin sebagai pemenang kategori FFA (Free for All).

Ketiga juara nasional itu berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan berkesempatan menjadi modifikator dalam Honda Dream Ride Project serta didampingi langsung oleh mentor terbaik Tanah Air.

Baca juga: Tur media jelajah Malang-Bromo ramaikan Honda Bikers Day 2023

Baca juga: Rayakan Sumpah Pemuda, Honda Bikers Day gemakan kebersamaan komunitas

Baca juga: Honda Bikers Day jadi ajang rajut persaudaraan pencinta Honda
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023