Jakarta (ANTARA) - Honda Accord, salah satu sedan legendaris dari Honda, baru saja memiliki kendaraan generasi ke-10 setelah hadir di Indonesia sejak 1978.

All New Honda Accord bukan saja mengalami perubahan desain tampilan luar, namun juga sejumlah teknologi terkini yang saat ini belum dimiliki seri Honda yang lain.

Antara berkesempatan merasakan Honda Accord terbaru pada sesi uji kemudi dengan menempuh perjalanan Karawang-Bandung pada Selasa (23/7).
 
Tampilan ruang kemudi Al New Honda Accord. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


All New Honda Accord hadir dengan desain yang benar-benar baru. Garis atap dibuat lebih rendah dan kap mesin yang lebih panjang. Dari luar, Honda Accord baru ini terlihat lebih lebar dibandingkan sedan pada umumnya.

Saat masuk ke dalam kabin, kesan luas benar-benar terasa. Jarak kaki dengan dasbor sangat lapang tanpa perlu memundurkan kursi penumpang. Kenyamanan kursi ditunjang oleh jok berbahan kulit yang tidak licin.

Kursi pengemudi dilengkapi dengan Memory Seat with Easy Entry/Exit, di mana posisi kursi akan kembali berada di setelan terakhir ketika dipakai mengemudi, untuk memudahkan pengemudi keluar dan masuk mobil.
 
Layar multifungsi di All New Honda Accord. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas

Sementara itu, kursi penumpang memiliki fitur 4-way Power Seat Adjustment untuk memudahkan menyetel kursi, dengan tuas yang mudah dioperasikan dari sisi kiri bawah jok.

Pertama kali masuk Honda Accord, mata akan tertuju pada layar multifungsi di tengah dasbor yang berukuran cukup besar, 7 inci. Layar Thin Film Transistor akan menampilkan informasi-informasi penting saat berkendara, termasuk menjadi panel untuk menyetel hiburan.

Dasbor bagian bawah mengakomodasi tempat untuk mengisi daya ponsel, berupa port USB dan pengisi daya nirkabel Wireless Charger Console, sesuai dengan gaya hidup target konsumen mereka, eksekutif muda.

Bukan hanya ruang untuk penumpang dan pengemudi yang luas, Honda Accord juga menyediakan dua pegangan gelas (cupholder) di tengah yang lumayan besar, cukup untuk ukuran tumbler atau tempat minum kopi.

Suspensi Honda Accord patut diacungi jempol. Ketika tidak sengaja melewati lubang di jalan, guncangan terasa minimal, sama seperti ketika melewati polisi tidur.

Performa All New Honda Accord didukung mesin baru 1,5L VTEC Turbo Engine dengan CVT yang memiliki teknologi Earth Dreams untuk meningkatkan performa hingga 190 PA dan torsi maksimal 260 pada 1.600-5.000 rpm.

Mobil ini dilengkapi dengan fitur Sport untuk pengaturan performa yang agresif dan memberikan sensasi seolah sedang menaiki mobil balap. Ketika dipacu di atas 120 kilometer per jam di jalanan yang lengang, mobil tetap terasa stabil dan nyaman.

Ruang yang lapang juga terasa di kursi belakang, ruang kaki Honda Accord diperluas 48 milimeter dibandingkan dengan model sebelumnya. Penumpang di kursi belakang juga bisa mengisi daya ponselnya lewat dua port USB di konsol tengah, tepat di bawah pendingin udara.
 
Port USB untuk mengisi daya di kursi penumpang belakang All New Honda Accord. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Kursi penumpang belakang Honda Accord dapat diisi tiga penumpang. Jika tidak ada penumpang di tengah, turunkan cupholder yang tersembunyi di jok tengah untuk menaruh tempat minum.

Penumpang di belakang juga dilindungi kerai (sunshade) yang dapat ditarik dari jendela bagian bawah. Penumpang harus hati-hati ketika melepas sunshade karena secara otomatis akan tertarik ke bawah.

All New Honda Accord dipasarkan seharga Rp698 juta on the road di Jakarta, tersedia dalam pilihan warna Platinum White P, Lunar Silver M, Crystal Black P dan Modern Steel M.

Baca juga: Mencoba Sensing, fitur keamanan di Honda Accord
 

Pewarta: N012
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019