Banda Aceh (ANTARA) - Nissan Motor Indonesia mengajak belasan pewarta otomotif untuk menjajal All New Livina dalam program bertajuk "Cerita Livina" di Banda Aceh pada 29-30 April 2019, guna membuktikan performa dan kenyamanan kendaraan saat melintasi kontur jalan yang berbeda-beda.

"Kenapa dimulai dari Banda Aceh? Karena kami ingin menyampaikan keberagaman mobilitas di Indonesia. Kami mulai dari sebelah barat dan kami akan melanjutkan ke pulau lainnya. Ke depannya kami akan ajak tidak hanya media, tapi karyawan Nissan hingga masyarakat umum," kata Head of Product Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, di Banda Aceh, Senin (29/4).

Pada Senin siang yang terik di Banda Aceh, lima unit All New Livina tipe VL berjajar di tepi sebuah rumah makan kemudian para pewarta yang telah dikelompokkan mendapatkan unit kendaraan untuk diuji.

Perjalanan dimulai dengan melintasi lalu lintas dalam kota Banda Aceh yang cukup lancar, kemudian bertolak ke Puncak Gunung Geurutee sejauh hampir 60 kilometer selama 90 menit.
Perjalananan menuju Puncak Gunung Geurutee, Aceh, pada test Drive Nissan All New Livina bertajuk "Cerita Livina" di Banda Aceh pada 29-30 April 2019. (ANTARA News/Alviansyah P)


Medan jalan yang ditempuh tidaklah mudah. Pewarta harus berkonsentrasi melibas jalanan menanjak dan berkelok. Juga berhati-hati karena beberapa mobil truk besar dan bus pariwisata juga melintasi jalanan yang hanya muat untuk dua mobil itu.

Setelah tiba di Puncak Geurutee, peserta disuguhkan pemandangan pesisir laut dari ketinggian. Dari lokasi yang juga terdapat tempat untuk menyesap kopi buatan lokal itu, terlihat beberapa pulau kecil yang berada di pesisir Aceh Besar.

Sayang, waktu menikmati alam hanya sekira 30 menit. Peserta harus kembali masuk ke dalam All New Livina untuk mengejar destinasi berikutnya, Pucok Kreung di Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.
Perjalananan menuju Pucok Kreung, Aceh, pada test Drive Nissan All New Livina bertajuk "Cerita Livina" di Banda Aceh pada 29-30 April 2019. (ANTARA News/Alviansyah P)


All New Livina kemudian melintasi sebuah jalan berpermukaan batu untuk menuju sebuah sungai di Pucok Kreung. Untungnya, suspensi Livina generasi baru itu cukup empuk sehingga tidak terlalu mengurangi kenyamanan saat melintasi jalan itu.

Peserta tiba di Pucok Kreung pukul 17.30 WIB, kemudian menumpang sebuah perahu bermotor untuk menyusuri sungai kemudian mencari Gua Kelelawar.

Namun karena waktu mendekati malam, maka rencana menuju gua itu dibatalkan dan peserta kembali ke mobil untuk bertolak ke Banda Aceh.

Perjalanan pada Selasa akan dilanjutkan ke Desa Lubok Sukon dan menyambangi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, kemudian kembali ke Jakarta pada petang hari.

Pertahankan kenyamanan

Secara keseluruhan, perjalanan yang disuguhkan dalam uji kendara bertajuk "Cerita Livina" itu membuktikan bawah mobil jenis Small Multi Purpose Vehicle (MPV) tidak hanya jago di perkotaan, namun juga tangguh melibas berbagai medan jalan, dengan mempertahankan kenyamanannya.

Meski sudah meninggalkan desain lamanya yang terkenal dengan kenyamanan serasa sedan, namun suspensi yang cukup empuk cukup memberikan kesan nyaman yang berbeda pada Livina terbaru ini, terutama saat duduk di bangku baris kedua.

Lapisan jok berbalut kulit juga memberikan suasana premium, ditambah fitur hiburan berupa audio layar sentuh 7 inci yang bisa mengusir bosan di perjalanan.

Nissan sebagai produsen mobil global mengusung visi Nissan Intelligent Mobility yang menawarkan kendaraan berteknologi canggih, dilengkapi fitur terkini berupa tombol Start/Stop Engine, Smart Connectivity Audio, Hill Start Assist dan lampu Welcome & Coming Home.
Interior All New Livina. (ANTARA News/Alviansyah P)


Untuk mengakali area yang sempit, seperti saat melintasi jalanan sempit menuju Pucok Kreung, terdapat Rear View Camera dengan Rear Parking Sensor.

Mobil ini memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya yakni 205 mm. Bukan hanya polisi tidur, jalanan berbatu menuju Pucok Kreung juga bisa dilintasi tanpa halangan berarti.

Adapun fitur keselamatan antara lain Dual SRS Airbags, Vehicle Dynamic Control & Traction Control System, Anti-Lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution, Brake Assist dan lampu Auto Hazard pada rem darurat.

Nissan menawarkan "Care Package" berupa suku cadang dan servis gratis hingga 50.000 kilometer/4 tahun guna melengkapi layanan purnajual lainnya.

Mengacu data wholesales (penjualan pabrik ke diler) dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), All New Livina terjual 2.435 unit. Tipe VE sebanyak 1.476 unit, VL 524 unit, dan sisanya menjadi angka penjualan untuk tipe lainnya.

Baca juga: Penjualan Nissan All New Livina didominasi tipe tertinggi
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019