Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 32 finalis akan bertarung pada putaran final kontes modifikasi sepeda motor skutik Yamaha Customaxi, yang akan digelar di Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/3).

Customaxi merupakan kontes modifikasi online yang digelar sejak 2017-2018, dengan melibatkan model Yamaha Nmax, Xmax, dan Aerox. Pada tahun ini, pihak penyelenggara menambah kategori baru yakni modifikasi skutik Lexi.

Rangkaian semifinal sudah dihelat di delapan kota, dimulai dari Bekasi, kemudian Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, Medan, Denpasar, Surabaya, dan Bandung yang juga bertindak sebagai tuan rumah putaran final.

Dari tiap kota, diambil empat pemenang dari kategori Master Class Xmax, Master Class Nmax, Master Class Aerox 155 dan Rising Star Lexi, sehingga muncul 32 finalis di partai puncak.

"Kami sangat mengapresiasi keikutsertaan semua partisipan sepanjang pelaksanaan Customaxi periode 2018 – 2019. Mereka telah mempersembahkan karya-karya terbaik yang turut mewarnai dunia modifikasi sepeda motor di Indonesia," kata Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yordan Satriadi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/2) malam.

"Kini tiba saatnya memilih yang terbaik di grand final pada puncak event Customaxi yang dilaksanakan akhir pekan ini," katanya.

Pihak Yamaha memilih Bandung sebagai lokasi grand final menyusul besarnya animo masyarakat setempat terhadap dunia modifikasi, khususnya untuk skutik-skutik Maxi Yamaha.

Salah satu juri Customaxi, Ivan Casagrande, mengatakan peserta boleh melakukan perubahan sepeda motor untuk bertarung di final.

"Sesuai dengan regulasi Customaxi periode 2018- 2019, para peserta diperbolehkan melakukan perubahan pada motornya untuk final. Biasanya yang dilakukan peserta adalah perubahan minor seperti pengecatan, lebih detail lagi dalam merapikan part-part dan finishing," kata Ivan.

Ia menambahkan, "Sepanjang pelaksanaan Customaxi, kami melihat para peserta begitu bersemangat menyuguhkan inovasi dan terobosan teknologi. Kebanggaan mereka bertambah setelah ikut ajang ini dan hasil kompetisi ini berpengaruh signifikan sebagai barometer dalam uji keahlian antarmodifikator."

Baca juga: Kontes modifikasi Customaxi digelar di Surabaya besok
Baca juga: Modifikasi Customaxi banyak pakai fitur digital
 
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019