Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka tahun 2019 dengan menghadirkan All New Camry yang diklaim memiliki tampilan lebih mewah dan agresif dibanding generasi sebelumnya.

Mengusung tagline "Outclass Elegance", All New Camry hadir dalam tiga tipe, yakni tipe G, tipe V dan tipe hibrid. 

"Mengawali tahun 2019 ini, kami menghadirkan All New Camry sebagai kendaraan Outclass Elegance, untuk memberi pengalaman berkendara lebih menyenangkan, mewah dan sporty bagi pelanggan sekaligus mendorong pasar sedan agar lebih menarik," ujar Presiden Direktur PT TAM Yoshihiro Nakata di Jakarta, Selasa.

Ketiga tipe All New Camry didukung oleh platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Dengan platform tersebut, penampilan All New Camry diklaim lebih kokoh dengan dimensi yang lebih besar, pusat gravitasi lebih rendah, dan kuda-kuda kontruksi yang lebih lebar dibanding pendahulunya.
 
Tampilan All New Camry tipe hibrid yang dihadirkan dalam sesi jumpa pers di kawasan Episentrum Kuningan Jakarta, Selasa 8/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


All New Camry menjadi mobil Toyota kedua yang menggunakan platform TNGA di pasar Indonesia, setelah sebelumnya C-HR menggunakan platform serupa. TNGA sendiri merupakan platform yang dikembangkan oleh Toyota untuk kendaraan global guna mencapai optimalitas keseimbangan dalam kelincahan (agility), stabilitas (stability) dan visibilitas (visibility).

Sektor eksterior dan interior All New Camry dirancang dengan konsep "Aggresive Smart Confidence". Pada sisi eksterior, bagian depan dan belakang menggunakan desain "Aggresive Luxurious" yang didukung oleh lampu depan dan lampu belakang berteknologi LED. 
 
Tampilan belakang All New Camry tipe V yang dihadirkan dalam sesi jumpa pers di kawasan Episentrum Kuningan Jakarta, Selasa 8/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Sementara pada suspensi bagian belakang, mobil yang produksinya dilakukan di Thailand itu menggunakan teknologi double wishbone yang membuat mobil semakin nyaman dikendarai.

Untuk sektor interior, All New Camry hadir dengan nuansa yang lebih stylish dan sporty. Desain kombinasi T shape dashboard yang disematkan pada model sebelumnya diganti dengan tipe cockpit dashboard.
 
Tampilan interior All New Camry tipe hibrid yang dihadirkan dalam sesi jumpa pers di kawasan Episentrum Kuningan Jakarta, Selasa 8/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Rancangan dashboard yang lebih ramping diklaim memberikan visibilitas yang lebih luas serta semua instrumen fitur di ruang kabin dapat dijangkau dengan lebih mudah.
Tampilan interior All New Camry tipe V yang dihadirkan dalam sesi jumpa pers di kawasan Epicentrum Kuningan Jakarta, Selasa 8/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


All New Camry juga dilengkapi sejumlah fitur berteknologi terkini, seperti adanya moon roof pada tipe V dan hibrid. Untuk audio, tipe V dan G menggunakan layar sentuh AVX 9 inci yang dilengkapi DVD/radio/USB/AUX/HDMI/Bluetooth/Miracast/internet dan enam speaker.

Sedangkan tipe hibrid memiliki advance audio system dengan AVN 8 inci layar sentuh yang dilengkapi DVD/radio/USB/AUX/Bluetooth/Miracast dan sembilan speaker JBL Nano-E Air purifer.

Tipe G dan V juga dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan layar 4,2 inci yang menampilkan informasi mengemudi, eco indicator, fitur kendaraan, sistem keamanan dan tekanan angin pada ban. Sementara tipe hibrid menggunakan MID layar 7 inci dengan penambahan Head Up Display (HUD).
 
Tampilan interior All New Camry tipe V yang dihadirkan dalam sesi jumpa pers di kawasan Epicentrum Kuningan Jakarta, Selasa 8/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Sistem pendingin udara pada tipe G dan V menggunakan sistem dual zone dengan kontrol terpisah untuk bagian depan (pengemudi) dan penumpang di bagian belakang. Sementara pada tipe hibrid menggunakan triple zone AC. All New Camry juga dilengkapi charger nirkabel untuk varian V dan hibrid.

Adapun untuk keamanan, All New Camry dilengkapi sejumlah fitur, di antaranya blind spot monitor, rear cross traffic alert, brake hold function, dan tujuh kantong udara (airbag).

Pada sektor mesin, All New Camry tipe G dan V menggunakan mesin 2AR-FE dengan 4 silinder dan kapasitas 2.494 CC. Output maksimum yang dihasilkan sebesar 183 ps (pferdestarke)/6000 rpm dan torsi 23.9 Kgm/4.100 rpm. 

Sedangkan untuk tipe hibrid menggunakan mesin A25A-FXS dengan kapasitas 2.487cc dan tenaga maksimum 178 pada pada 5.700 rpm serta torsi maksimum 22.5 Kgm pada 3.600-5.200 rpm. Untuk motor listriknya, tipe hibrid menggunakan electric motor dengan tenaga 20.6 kgm.
 
Tampilan ruang All New Camry tipe V yang dihadirkan dalam sesi jumpa pers di kawasan Epicentrum Kuningan Jakarta, Selasa 8/1/2019 (ANTARA News/Fathur Rochman)


Baterai pada mobil tipe hibrid diletakkan di bawah tempat duduk penumpang bagian belakang. Hal ini membuat bagian bagasi menjadi lebih luas.

All New Camry hadir dalam dimensi panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.445 mm, dan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm.

Mobil yang akan menjadi pesaing Honda Accord dan Nissan Teana tersebut hadir dalam pilihan tujuh warna, yakni Attitude Black, Phantom Brown Metallic, Platinum White Pearl, Red Mica, Graphite Me, Silver Metallic dan Burning Black.

Terkait harga, Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi suwandi mengatakan untuk All New Camry tipe 2,5 liter tipe G harga yang ditawarkan berada di kisaran Rp613.350.000. Sementara All New Camry 2,5 liter tipe V automatic harganya dibanderol Rp646.650.000. Sedangkan All New Camry 2,5 liter tipe hibrid automatic harganya sebesar Rp806.600.000.

"Ini semua adalah harga Camry untuk on the road Jakarta," ucap Anton.

Baca juga: Debut di AS, Toyota All New Camry 2018 tampil lebih sporty

Baca juga: All new camry lebih murah

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019