Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan mainan terkenal Lego, baru-baru ini membangun replika mobil Bugatti Chiron berwarna biru menggunakan jutaan blok Lego Technic. Tak hanya mirip dari bentuk dan ukuran, replika supercar ini juga bisa dikendarai.

Mobil  bernama LEGO Technic 42083 Bugatti Chiron ini adalah kontruksi bergerak berskala besar pertama yang dikembangkan menggunakan lebih dari satu juta elemen Lego Technic, dan didukung secara ekslusif menggunakan mesin dari platform Lego Power Function.

Mesin tersebut terdiri dari 2304 Lego Power Function Motors, 4032 roda gigi Lego Technic dan 2016 as roda Lego Technic.

Mesin yang digunakan menghasilkan tenaga sebesar 5,3 tenaga kuda dan torsi diperkirakan 92 Nm. Mobil ini bisa dikendarai oleh dua orang dan mampu berakselerasi hingga kecepatan 20 km/jam.

"Model dengan ukuran ini adalah yang pertama. Kami ingin mendorong batas-batas dari imajinasi kita sendiri," kata senior wakil presiden produk dan penjualan Lego Group, Lena Dixen, dikutip dari Lego.com, Kamis

Baca juga: Lima hal yang perlu kamu tahu soal Bugatti Divo

Mobil replika ini memiliki tampilan yang cukup mirip dengan aslinya. Tiap-tiap detail baik eksterior maupun interior dibuat ulang dengan sangat hati-hati dan tepat menggunakan elemen dari Lego Technic, mulai dari kursi, dashboard dan juga setir.

Dibutuhkan 339 jenis elemen dari Lego Technic dan lebih dari 13 ribu jam kerja untuk pembangunan dan kontruksi. Dalam perakitannya, mobil ini tidak menggunakan lem sama sekali. Adapun bobot dari mobil ini adalah 1500 kg.

Mobil Lego ini juga sudah diuji coba di lokasi yang sama ketika mobil Bugatti Chiron pertama kali dicoba, yaitu di Ehra Lessien, Jerman.  

Meski tidak sama dengan kecepatan Bugatti Chiron yang asli yaitu 420 kilometer per jam, mobil Lego ini tetap membuat orang takjub. 

"Pertama kali saya melihat Lego Chiron ini, saya langsung terkesan dengan akurasi dan detilnya. Sejujurnya kalau dilihat dari jarak 20 meter, itu benar-benar tidak terlihat seperti mobil Lego," kata Andy Wallace, pembalap yang berkesempatan mengendarai mobil Lego ini. 

Andy juga mengatakan bahwa mengemudi Lego Chiron adalah pengalaman luar biasa. Dia merasa sangat menikmati kesempatan ini. 

"Aku tidak pernah membayangkan suatu hari bisa benar-benar mengendarai mobil Lego," kata dia.

Baca juga: Bugatti Chiron melesat hingga 400 km/jam dalam 32,6 detik
 
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018