Jakarta (ANTARA News) - Berkat rancangan grafis dan kemasan, Toyota Motor Oil (TMO) mendapat penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 karena memenuhi kriteria desain produk ekspor,  yang tidak hanya diterima pasar dalam negeri tetapi juga global.

GDI 2018 merupakan ajang yang digelar Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (DJPEN Kemendag) dengan melibatkan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO), sehingga skema penjurian mengadaptasi konsep Good Design Award di Jepang.

"Terima kasih atas apresiasi yang diberikan pemerintah melalui DJPEN Kemendag sehingga salah satu genuine parts Toyota yang telah diproduksi di Indonesia, yaitu TMO Engine Oil meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) Award pada tahun ini," kata kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Widyawati Soedigdo, dalam keterangannya, Kamis.

Ia berharap penghargaan yang diraih mampu semakin meyakinkan para pelanggan akan keseriusan Toyota mewujudkan komitmen untuk senantiasa mengembangkan kualitas oli mobil yang memenuhi standar dunia, baik dari kualitas oli maupun desain kemasan pelindungnya.

Baca juga: Tangkal pemalsuan, Toyota kenalkan desain botol oli baru

Toyota Motor Oil (TMO) merupakan salah satu bagian dari Toyota Genuine Parts yang terus mengalami peningkatan inovasi dan teknologi.

Toyota melakukan perubahan desain kemasan dan tutup botol TMO, yaitu kemasan baru TMO Engine Oil menggunakan teknologi baru system ratchet & snap cap bottle dimana tutup dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali kemasan tersebut.

Tutup botol menggunakan teknologi baru multicolor cap yang merupakan konsep desain pertama di dunia, dimana bagian segel botol juga berfungsi sebagai penutup botol setelah pemakaian.

"Perubahan tersebut sengaja dilakukan untuk meningkatkan keamanan karena  tutup botol yang akan rusak dalam satu kali pakai tidak dapat digunakan kembali," kata Widyawati.

Baca juga: Penjualan mobil diesel naik, Toyota hadirkan oli baru

"Selain itu, dari sisi estetika desainnya pun juga diselaraskan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond dengan menggunakan desain yang lebih futuristik dan berteknologi tinggi,” kata Widyawati.

Toyota memiliki tujuh varian produk TMO, yang terdiri empat line-up gasoline engine dan tiga diesel engine. Empat varian TMO gasoline engine adalah TMO Original Formula 10W-30 SL, TMO Synthetic Formula 10W-40 SN, TMO Full Synthetic 5W-30 SN GF-5, dan TMO Full Synthetic 0W-20 SN GF-5.

Adapun tiga varian TMO untuk diesel engine adalah TMO Original Formula 15W-40 CH-4, TMO Synthetic Formula 15W-40 CI-4, dan TMO Full Synthetic Diesel 5W-30 ACEA A5/B5.

TMO merupakan salah satu Toyota Genuine Parts untuk kategori lubricants & chemicals Toyota seperti Gear Oil, Transmission Fluid, Brake Fluid, Radiator Coolant, Wiper Fluid, dan Injector Cleaner. TGP juga meliputi Toyota Genuine Battery, Accue, Safety Parts seperti V-Belt, Disc Clutch, Wiper Blade, Brake Pad, Brake Shoe, serta Wiper & Wiper Motor.

Baca juga: Melihat langsung proses produksi pelumas Toyota TMO Lubricant
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018