Audi All-new Q8 sudah debut di China, apa yang baru?

Sabtu, 7 Juli 2018 19:28 WIB
Audi All-new Q8 sudah debut di China, apa yang baru?
Audi All-new Q8. (ANTARA News/Audi)
Jakarta (ANTARA News) - Brand mobil mewah Audi, dalam pernyataan resminya, menyatakan telah membuat debut dunia untuk Audi All-new Q8, model terbaru dari SUV premium teratasnya, dalam acara Audi Brand Summit di Shenzhen, China, Kamis lalu (5/7).

Menggabungkan keanggunan coupe dengan fungsionalitas sebuah SUV, mobil lima penumpang ini menawarkan konektivitas, hiburan, dan sistem bantuan mengemudi yang canggih, dikombinasikan dengan dinamika berkendara yang diklaim mumpuni.

Hadir dengan bahasa desain SUV baru merek ini, All-new Audi Q8 membawa beberapa pembaruan pada eksterior dan interior dibanding model sebelumnya, seperti grille singleframe berbentuk segi delapan dengan saluran udara besar dan berkontur, seolah menekankan kehadirannya di jalan raya.

Perubahan lain pada eksterior yang diharapkan menjadi daya tarik, adalah garis atap miring yang barakhir di pilar D yang cenderung miring dan lengkungan bagian roda yang menonjol mengekspresikan DNA quattro.

Sebuah strip cahaya menghubungkan bagian belakang kendaraan. Seperti pada quattro Audi, permukaan hitam menggarisbawahi strip ini.

Pada sisi interior, Audi memberikan ruang yang lebih luas dan rendah dibanding Q7. Model baru ini menawarkan interior yang luas dengan tempat duduk standar hingga lima penumpang dan kapasitas kargo lebih longgar.
Audi All-new Q8 tampak belakang (ANTARA News/Audi)


Elemen sentral di dalam kabin mobil ini adalah tampilan layah sentuh MMI (Multi Media Interface) yang serba baru. Dengan tampilan panel-hitamnya, ia melebur menjadi inlay hitam besar ketika dimatikan, menciptakan lingkungan interior yang tenang.

Semua elemen berhubungan secara logis satu sama lain, dari strip ventilasi udara datar ke konsol tengah lebar, yang mengarah ke handle pemindah gigi tiptronic. Dalam gelap, kontur cahaya opsional menelusuri garis desain interior dan menyediakan lampu latar untuk lencana quattro laser tiga dimensi di atas laci.

Audi menambahkan perintah suara untuk fungsi-fungsi tertentu pada model anyar ini, seperti kontrol suara dangan bahasa alami untuk bantuan perjalanan yang lebih cerdas. Pengemudi bisa mengatakan perintah suara “I am hungry” (saya lapar) maka Q8 akan menyarankan restoran terdekat.

Ada Phone box juga di mobil ini, memungkinkan pengisian daya baterai perangkat mobile secara nirkabel, ditambah Bang & Olufsen 3D Advanced Sound System untuk fasilitas hiburannya yang diklaim menghadirkan pengalaman mengesankan.

Quattro all-wheel drive juga menjadi standar untuk model ini. Pusat diferensial mekanikal murni mentransfer daya ke as roda depan dan belakang dengan rasio standar 40:60, dan ketika diperlukan, dapat mentransfer sebagian besar daya ke poros dengan traksi yang lebih baik.
 
Interior Audi All-new Q8 (ANTARA News/Audi)

Mobil yang dilengkapi suspensi peredam adaptif ini, dibekali sistem penggerak yang efisien berkat teknologi hibrida ringan baru (MHEV).

Sistem listrik utama 48 volt menggabungkan dua modul teknologi, baterai lithium-ion dan starter belt alternator. Selama pengereman, dapat memulihkan hingga 12 kW daya dan mengembalikannya ke baterai.

Teknologi MHEV memungkinkan fase panjang meluncur dengan mesin dinonaktifkan dan rentang start-stop yang dimulai pada kecepatan 22 km per jam.

SUV dengan ground clearance 254 milimeter dan roda 22 inci ini, memiliki dimensi panjang 4,99 meter, lebar 2,00 meter, dan tinggi 1,71 meter, lebih besar, lebih pendek, dan lebih rendah dibanding Q7.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2018

Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...
Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...
Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial  di Sumatera Selatan pada tahun ...
Atraksi Gajah Monster menjadi salah satu acara yang paling ditunggu pengunjung pada Otobursa Tumplek-Blek 2018 di Kemayoran, Jakarta, 21-22 Juli. Gajah ...