Jakarta (ANTARA) - Papan nama RS7 generasi baru Audi, yang diharapkan juga mencakup RS6 Avant seiring peralihan merek ke nomenklatur penamaan baru untuk mesin pembakaran dan model listrik sepenuhnya, kemungkinan dapat tetap menggunakan tenaga bensin V8.

Dilaporkan Drive pada Minggu (14/7) waktu setempat, mesin V8 bensin akan membuatnya tetap kompetitif melawan BMW M5 hybrid plug-in baru, yang dilengkapi mesin V8 bensin twin-turbo 4,4 liter yang dipadukan dengan motor listrik untuk menghasilkan output gabungan 535kW/1000Nm.

Mercedes-AMG terkenal dengan peralihan dari mesin V8 ke mesin hybrid 2.0 liter empat silinder berkekuatan 500kW/1020Nm untuk C63 yang lebih kecil, namun masih belum jelas apa yang akan memberi daya pada versi andalan E-Class baru ini sebagai yang teratas saat ini adalah E53 hybrid bertenaga V6 dengan 450kW/750Nm.

Baca juga: Audi telah bangun supercar R8 terakhirnya

Berbicara kepada wartawan di luar negeri, bos pengembangan powertrain e-tron Audi Q6 Andreas Ruf mengatakan powertrain V8 akan cocok dengan arsitektur Premium Platform Combustion (PPC) baru yang diharapkan dapat mendukung jajaran A7 generasi baru.

Jajaran A6 dan A7 saat ini dibangun di atas platform MLB Evo Grup Volkswagen, yang juga digunakan bersama dengan Bentley Bentayga, Lamborghini Urus, dan Porsche Cayenne, dengan PPC dipahami sebagai evolusi dari arsitektur saat ini yang memiliki kesamaan dengan Basis PPE (Premium Platform Electric) terdapat pada Audi Q6 e-tron dan Porsche Macan EV.

Namun, mesin V8 kemungkinan merupakan versi mesin twin-turbo 4.0 liter 463kW/850Nm RS6/RS7 saat ini, yang diharapkan dapat ditambah dengan tenaga hibrida untuk membantu memenuhi peraturan emisi yang semakin ketat di Eropa dan seluruh dunia.

Kendaraan listrik hibrida plug-in (PHEV) adalah hasil yang diharapkan, karena prosedur pengujian saat ini mendukung teknologi tersebut meskipun berpotensi menampilkan mesin yang polutan, tidak efisien, dan bertenaga seperti V8.

Dan Grup Volkswagen sudah memiliki powertrain seperti itu, dengan Porsche Cayenne Turbo E-Hybrid dan Bentley Continental GT Speed yang baru-baru ini diumumkan, keduanya memasangkan mesin V8 4.0 liter twin-turbo dengan motor listrik untuk menghasilkan output gabungan 544kW/950Nm dan masing-masing 575kW/1000Nm.

Kedua model tersebut memiliki baterai 25,9kWh yang memungkinkan jangkauan berkendara yang diklaim hanya menggunakan listrik hingga 81km, sementara penghematan bahan bakar setidaknya untuk Porsche hanya 2,5 liter per 100km.

Semua ini menunjukkan bahwa RS7 generasi baru, yang dapat ditawarkan dalam model bodi Sportback dan Avant wagon, seharusnya lebih dari sekadar menandingi BMW M5, setidaknya di atas kertas.

Baca juga: Audi konfirmasi kehadiran mobil listrik Q6 Sportback e-tron 2025

Baca juga: Audi E-Tron GT RS Performance baru bertenaga hingga 912bhp

Baca juga: Audi ingatkan soal 'airbag' pada belasan model di Amerika

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024