Jakarta (ANTARA) - Supercar ikonik Audi R8 V10 terakhir telah dibuat setelah hampir 18 tahun diproduksi, dengan pengganti supercar listrik yang masih belum dapat diumumkan oleh produsen mobil Jerman itu.

Sebuah coupe R8 Performance Quattro berwarna 'Vegas Yellow' yang cerah dengan balutan serat karbon, serta velg perunggu dan perak berukuran 20 inci merupakan mobil terakhir yang keluar dari jalur produksi Bollinger Hofe di Jerman pada Jumat, (22/3) lalu.

Sejak tahun 2006, 44.418 Audi R8 telah diproduksi untuk penjualan global dalam dua generasi, yang awalnya ditawarkan dengan mesin V8 4,2 liter dan gaya bodi coupe dua pintu, dengan model 'Spyder' yang dapat dikonversi dan mesin V10 yang ditambahkan kemudian.

Laman Drive, Kamis, menyebut, Audi Australia menjual R8 terakhirnya pada tahun 2022 dengan 687 penjualan secara lokal sejak diperkenalkan pada tahun 2007, termasuk hasil tahunan terbaik 103 yang dibukukan pada tahun berikutnya. 

Baca juga: Huracan dan Audi R8 di-"recall" akibat takaran cairan tidak sesuai

Audi R8 Coupé V10 performance RWD 2021 (ANTARA/Audi)

Produksi R8 sebelumnya diperkirakan akan berakhir pada penghujung 2023, namun diperpanjang hingga Maret 2024 karena lonjakan permintaan di akhir-akhir masanya hidupnya.

Audi R8 berbagi platform dan mesin V10 5,2 liter dengan Lamborghini Huracan (Audi dan Lamborghini merupakan bagian dari Volkswagen Group), dengan produksi Lamborghini yang juga akan berakhir pada akhir tahun ini.

Semua Huracan yang tersisa, termasuk yang belum dibuat, telah terjual, kata produsen mobil tersebut.

Baca juga: Audi tampilkan R8 Sport Edition di New York Auto Show

Tidak seperti Audi, Lamborghini telah mengunci penerus Huracan, yang lebih kecil dan diperkirakan akan menggunakan mesin V8 twin-turbo dengan bantuan mesin hibrida plug-in (plug-in hybrid/PHEV) untuk menggantikan mesin V10 yang sudah ada.

Peluncuran global mobil sport Lamborghini baru yang belum diberi nama ini diperkirakan akan dilakukan pada paruh kedua tahun 2024.

Bagi penggemar Audi, R8 adalah mobil sport kedua dari merek Jerman yang akan diluncurkan, setelah Audi TT terakhir dibuat pada November 2023.

TT mungkin akan kembali sebagai mobil sport listrik yang menggunakan komponen Porsche mulai tahun 2028.

 

Audi R8 Coupé V10 performance RWD 2021 (ANTARA/Audi)


Audi telah membantah laporan bahwa mereka sedang mengerjakan supercar listrik, yang mungkin mengindikasikan R8 tidak akan kembali ke ruang pamer hingga paruh kedua dekade ini - setelah rencana untuk melihat semua Audi baru yang diluncurkan mulai tahun 2026 menggunakan tenaga listrik.

Audi juga berencana untuk menghapus semua mesin pembakaran internal (ICE) dari ruang pamernya di luar China pada tahun 2033.

Baca juga: Audi kembangkan lagi mobil sport listrik R8 e-tron

Berakhirnya produksi Audi V10 juga menandai berakhirnya produksi R8 baru untuk balap pelanggan.

R8 telah meraih kesuksesan yang signifikan di lintasan balap mobil sport, termasuk tiga kemenangan langsung di balapan ketahanan Bathurst 12 Jam (2011, 2012 dan 2018).

Perusahaan Australia, Melbourne Performance Centre (MPC), beralih ke balap Lamborghini Huracan setelah berita kematian R8 - mengingat kesamaan teknis dari kedua mobil tersebut - dan kemungkinan besar akan terus melanjutkan dengan Lamborghini lanjutan untuk balap mobil sport di Australia.

Baca juga: Gara-gara baterai, mobil listrik Audi batal produksi

Baca juga: Mobil termurah Audi di IIMS berharga Rp645 juta

Audi akan memasuki Formula One pada tahun 2026 setelah pembelian penuh tim Kick Sauber, dengan seperangkat peraturan baru yang akan diberlakukan pada tahun yang sama. 

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024