Frankfurt (ANTARA News) - Perusahaan induk Mercedes-Benz, Daimler, akan menginvestasikan dana 500 juta euro untuk memproduksi mobil listrik kompak di Hambach, Prancis, yang juga lokasi perakitan mobil bermerek Smart.

Perusahaan mobil premium asal Jerman itu berencana meluncurkan lebih dari 10 model kendaraan listrik bermerek Mercedes-Benz pada 2022, di tengah-tengah upaya pabrikan Amerika Serikat, Tesla, yang menggenjot produksi mobil listrik Model 3.

"Pabrik Smart di Hambach akan menjadi bagian dari jaringan produksi mobil compact global dengan pabrik utama di Rastatt, Jerman," kata kepala produksi Mercedes-Benz Markus Schaefer dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Jumat.

Baca juga: Inggris segera paparkan larangan mobil bensin-diesel 2040

Mercedes akan memproduksi varian listrik secara massal di jalur produksi yang sama dengan model mesin bensin, hibrida atau diesel.

Hal itu memungkinkan Mercy meningkatkan produksi dengan cepat jika terjadi lonjakan permintaan, kata juru bicara Daimler.

Mercedes saat ini membuat model A-class, B-class dan GLA di pabrik Rastatt-Jerman, Kecskemét-Hungaria, Beijing dan Aguascalientes-Meksiko, untuk membuat 620.000 kendaraan kompak pada tahun lalu.

Sedangkan Tesla baru mengirimkan sebanyak 101.312 kendaraan pada tahun lalu, demikian Reuters.

Baca juga: Komponen baterai Tesla akan disuplai dari Australia

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018