Jakarta (ANTARA) - CEO Mercedes-Benz Ola Källenius mengonfirmasi bahwa Mercedes-Benz C-Class listrik akan diluncurkan pada 2026 mendatang.

Dilaporkan Autocar, Jumat (2/8) waktu setempat, kendaraan listrik baru tersebut akan hadir bersamaan dengan SUV GLC listrik baru, kedua model tersebut menyasar lebih jauh ke pasar kelas atas.

Keduanya dibangun berdasarkan platform MB.EA baru dan ditempatkan pada segmen yang disebut Mercedes sebagai segmen "pusat kemewahani" yang saat ini ditempati oleh CLE dan E-Class. Sementara itu, jajaran mobil entry-level merek tersebut akan dikurangi menjadi CLA, GLA, dan GLB, dengan ketiga model itu berpindah ke platform MMA baru.

Baca juga: Mercedes-Benz raih lisensi uji coba kendaraan otonom di China

Källenius mengonfirmasi CLA baru akan hadir pertama kali pada 2025, setelah konsepnya ditampilkan di pameran otomotif Munich tahun lalu.

Mercedes juga dikabarkan akan menaikkan harga model entry-level secara signifikanuntuk meningkatkan profitabilitasnya. Mereka juga akan berupaya meningkatkan pangsa mobil mewah kelas atas, seperti model performa AMG dan G-Class sebesar 60 persen.

Källenius menambahkan bahwa MB.EA tidak akan lagi menggantikan platform EVA2 yang digunakan untuk EQS dan EQE, sekaligus menunjukkan bahwa varian besar yang diperdebatkan dari platform baru tersebut telah dihapuskan.

Meskipun pasar kendaraan listrik semakin meningkat, Mercedes tetap berkomitmen untuk menawarkan mobil bermesin pembakaran. Mereka melaporkan penurunan penjualan kendaraan listrik sebesar 25 persen dari tahun ke tahun, dari 61.211 menjadi 45.843.

Sementara itu, mereka menjual 27 persen lebih banyak mobil hybrid plug-in, menghasilkan 44.120 pengiriman.

“Kita harus menyadari bahwa kecepatan transisinya, hampir tidak mungkin untuk memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan,” kata Kallenius.

Baca juga: Mercedes-Benz diwartakan akan kurangi produksi S-Class dan EQS

Baca juga: Lebih dari 60.000 BMW ditarik kembali di Australia

Baca juga: Ford bakal hadirkan mobil elektrik Capri

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024