Jakarta (ANTARA) - Mercedes-Benz telah mendapat lampu hijau untuk memulai uji coba sistem kemudi otonom level 4 di jalan raya dan jalanan perkotaan di Beijing, China, yang diklaim perusahaan sebagai yang pertama untuk produsen mobil internasional.

Menurut siaran Carscoops pada Rabu (7/8), Mercedes-Benz menyampaikan bahwa pengujian dilakukan menggunakan model S-Class khusus yang dilengkapi dengan sensor-sensor komprehensif.

Menurut perusahaan, sistem kemudi Level 4 sedang diuji menggunakan beberapa skenario berbeda, termasuk parkir, berbalik arah, menavigasi bundaran, dan berbelok dalam lalu lintas tanpa campur tangan manusia.

Prototipe sistem kemudi yang diuji juga dilengkapi dengan sistem redundansi untuk meningkatkan keamanan, dan dapat melambat dan melaju melalui jalur tunggal di pintu tol.

Sebagai sistem Level 4, pengaturan Mercedes dapat beroperasi tanpa pengawasan manusia dalam waktu lama. Teknologi serupa saat ini sedang diuji coba oleh Waymo dan Baidu.

Baca juga: Mercedes-Benz raih lisensi uji coba kendaraan otonom di China

Baca juga: Tesla bereskan rintangan untuk kenalkan sistem kemudi otonom di China


Mercedes menguji dan mengembangkan sistem kemudi otonom inovatif baru dalam beberapa tahun terakhir.

Perusahaan Jerman itu pada akhir 2022 mendapat izin untuk menguji fungsi parkir otomatis Level 4 di garasi parkir tunggal bandara Stuttgart dan tahun lalu memperkenalkan sistem Level 3 Drive Pilot kepada pelanggan di Amerika Serikat.

Sistem kemudi otonom memiliki beberapa level. Semakin tinggi tingkatannya, semakin minim teknologi tersebut melibatkan manusia dalam mengemudi kendaraan.

Pada Level 4, sistem kemudi otomatis bisa melakukan tugas mengemudi di sebagian besar kondisi sehingga pengemudi bisa melakukan kegiatan lain selama berkendara.

Kendaraan dengan sistem kemudi ini dapat berjalan dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.

Baca juga: Tesla akan luncurkan taksi otonom "Robotaxi" di China pada Agustus

Baca juga: Pengemudi bisa lepas setir dan nonton film dengan kemudi otonom BMW

 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024