Yogyakarta (ANTARA News) - Agen pemegang merek Nissan di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia (NMI), kembali membuktikan keunggulan MPV andalan mereka, Nissan Grand Livina, dalam urusan keiritan bahan bakar lewat gelaran Tantangan 7 Liter Grand Livina.

Setelah sukses menggelar tantangan serupa pada pengujung 2016 silam dengan rute Bandung-Jakarta, NMI secara ambisius mematok target rute baru yakni Madiun-Yogyakarta yang menempuh jarak sekira 160 km jauhnya.

"Kami sudah survei Bali dan Jawa Tengah, kemudian mendapati Madiun-Yogyakarta ini bisa dijadikan rute untuk edisi kedua Tantangan 7 Liter Grand Livina," kata Wakil Presiden Direktur Pemasaran NMI, Davy J. Tuilan, saat menyambut rombongan peserta Tantangan 7 Liter Grand Livina Madiun-Yogyakarta di garis finis di Candi Prambanan, Yogyakarta, Kamis.

Davy mengakui bahwa tantangan di edisi kedua ini jauh lebih berat ketimbang di edisi pertama yang lebih perjalanan didominasi melewati jalan bebas hambatan alias jalan tol, serta jarak yang sedikit lebih pendek dibandingkan edisi kedua.

Oleh karena itu, guna menunjang kemungkinan kesuksesan dari titik start menuju titik finis, NMI terlebih dahulu membekali sejumlah awak media yang menjadi peserta Tantangan 7 Liter Grand Livina Madiun-Yogyakarta dengan kemampuan eco-driving alias berkendara dengan tujuan hemat bahan bakar.

(ANTARA News/Gilang Galiartha)

Eco-Driving di Nissan Grand Livina, salah satunya didukung fitur teknologi utama yang menjadi bagian dari mobil tersebut, yakni mesin DOHC 15 Valve Twin V TC disertai dual injektor.

Dual injektor yang dipasang di mesin membuat pengkabutan hanya 0,7 micron dan bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga sekira 10 persen dibandingkan model injektor tunggal.

Hasilnya, dari 10 mobil peserta, enam mobil mencapai garis finis dengan selamat tanpa kehabisan bahan bakar, satu di antaranya merupakan mobil yang diwajibkan menggunakan AC di sepanjang perjalanannya.

Sementara lima lainnya diwajibkan tidak menggunakan AC dalam perjalanan.

Berikut adalah hasil rata-rata jarak tempuh hasil Tantangan 7 Liter Grand Livina:

Non-AC
1. 25,3 km per liter
2. 24,9 km per liter
3. 24,7 km per liter

AC
20,1 km per liter
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017