Jakarta, (ANTARA News) - Pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Dimas Ekky Pratama berhasil mengukir sejarah baru prestasi pebalap Indonesia di ajang balap internasional setelah berhasil menyabet posisi ketujuh dalam ajang balap "Suzuka 8-Hour Endurance Road Race" di sirkuit Suzuka, Jepang.

Melalui prestasi ini, Dimas menjadi pebalap Indonesia pertama yang berhasil lolos 10 besar dalam ajang balap tingkat dunia ini.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra dalam keterangan tertulisnya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi pebalap binaan AHM yang mampu menunjukkan semangat balap pantang menyerah dan mengantarkan tim balapnya meraih posisi di atas target yang diharapkan yaitu posisi 10 besar.

“Melalui keikutsertaan pebalap binaan AHM di ajang ketahanan balap bergengsi Suzuka 8-Hour Endurance Road Race, kami ingin mengasah kompetensi pebalap Indonesia untuk siap bertarung di ajang balap dunia lainnya," kata Indraputra.

Menurut dia, prestasi Dimas Ekky di keikutsertaannya yang pertama kali di ajang ini merupakan sinyal positif dari keberhasilan pembinaan AHM terhadap pebalap muda Indonesia.

Dia mengatakan keseriusan AHM membina pebalap muda diwujudkan melalui pembinaan balap sejak dini di Honda Racing School.

"Pembinaan ini kemudian dilanjutkan dengan menurunkan pebalap binaan AHM di ajang balap nasional Motoprix dan Indoprix, serta ajang balap internasional Asia Road Race Championship (kelas supersports 600cc dan Asia Dream Cup), Endurance Race (2Hours, 4Hours, 8Hours), All Japan Championship, dan Spanish Championship," ujarnya.

Pada ajang Suzuka 8-Hour Endurance Road Race, Dimas Ekky bergabung dalam Honda Team Asia, bersama pebalap Zamri Baba (Malaysia) dan Josh Hook (Australia).

Ketiga pebalap ini bertanding dengan mengendarai Honda CBR1000RR yang disiapkan langsung oleh Honda Motor Co. melalui dukungan teknis sepenuhnya dari Honda Racing Corporation (HRC).

Penampilan tim balap ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak setelah berhasil melesat dari posisi 64 ke posisi 7 dengan menyelesaikan 169 putaran selama 6:58’18.448. Sebelumnya, Honda Team Asia menargetkan hanya finish di posisi 10.

Suzuka 8-Hour Endurance Road Race merupakan salah satu ajang bergengsi balap ketahanan selama 8 jam, para pebalap saling menguji kompetensi, mental dan fisik untuk menjadi yang terbaik. Tahun ini, Suzuka 8-Hour Endurance Road Race diikuti sebanyak 72 tim balap internasional.
Penerjemah: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2014